Dekati Pemukiman di Suoh, Gajah Sempat Jadi Tontonan Warga

Dekati Pemukiman di Suoh, Gajah Sempat Jadi Tontonan Warga

Belasan ekor gajah liar asal TNBBS sempat mendekati pemukiman di Pekon Tugu Ratu, Kecamatan Suoh Lampung Barat. --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Belasan ekor gajah liar kembali mendekati pemukiman di Pekon Tugu Ratu, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Bahkan kehadiran kawanan hewan berbelalai asal Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) ini sempat menjadi tontonan warga. 

Kepala Bidang TNBBS Wilayah II Liwa Amri melalui Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki mengatakan, dalam dua hari terakhir, penggiringan terus dilakukan.

Kegiatan tersebut melibatkan petugas dari TNBBS Resort Suoh, Wcs-IP, Barista Lembah Suoh, Satgas Pekon (perwakilan) Hantatai, Gunung Ratu, Suka Marga, Ringin Sari, Sumber Agung dan Tugu Ratu.

”Kami terus melakukan penggiringan agar kawanan gajah tersebut menjauh dari pemukiman penduduk dan kembali ke hutan rimba,” kata Sulki, Jumat 21 Oktober 2022. 

BACA JUGA: Soal Insentif, Dewan Janji Perjuangkan Nasib Guru Honor Bandar Lampung

Sulki menuturkan, saat ini penggiringan gajah sudah berada di Umbul Batu dan mengarah ke Gunung Merah. Masuk ke wilayah Pekon Tugu Ratu

Sebelumnya, kawanan gajah sempat mendekati pemukiman dan sekolah. Bahkan hanya berjarak puluhan meter dari jalan raya.

Saat ini berdasar pantauan GPS Collar yang terpasang, kawanan gajah sudah berada sekitar 2,7 kilometer dari titik sebelumnya.

”Upaya penggiringan terus kami lakukan. Namun ada kendala cuaca dan kondisi medan yang sulit,” tegasnya. 

BACA JUGA: Dinkes Metro Keluarkan SE Larangan Jual Obat Sirup, Pekan Depan Monitoring

Sementara, jelang penggiringan oleh tim gabungan, pihaknya mengimbau masyarakat yang berada di wilayah Tugu Ratu, Sumber Agung dan Ringin Sari untuk tidak melakukan aktifitas di kebun terlebih dahulu. 

”Melalui aparatur pemerintahan kecamatan dan pekon, kami imbau masyarakat, khususnya yang mempuyai lahan garapan di kawasan TNBBS untuk tidak melakukan aktifitas berkebun,” tegasnya.

Dikhawatirkan aktivitas warga dapat mengganggu kegiatan penggiringan. Kemudian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Sebelumnya, sebanyak 18 ekor gajah yang sempat memasuki pemukiman di Pemangku Taman Sari, Pekon Tugu Ratu, Kecamatan Suoh, Lampung Barat berhasil dihalau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: