Penutupan Lampung Craft 2022, Gubernur Apresiasi Dekranasda

Penutupan Lampung Craft 2022, Gubernur Apresiasi Dekranasda

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi semua pihak atas partisipasi aktifnya dalam Lampung Craft 2022-Biro Adpim Pemprov Lampung-

RADARLAMPUNG.CO.ID- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi semua pihak atas partisipasi aktifnya dalam Lampung Craft tahun 2022. Terutama jajaran Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, yang berupaya membangkitkan kriya dan wastra Lampung serta menggaungkan gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Hal itu disampaikan Gubernur saat Penutupan Lampung Craft 2022 di Gedung Graha Wangsa Bandar Lampung, Minggu 23 Oktober 2022 malam.

Arinal mengatakan tingginya animo dan antusiasme masyarakat yang berkunjung di setiap stand Lampung Craft, juga menjadi nilai positif bagi perekonomian Lampung terutama bagi para perajin/UMKM.

Untuk diketahui, transaksi penjualan dari penyelenggaraan Lampung Craft 2022 ini yaitu sebesar Rp1,6 Milyar lebih.

"Semoga pagelaran ini menjadi momentum pemulihan ekonomi melalui peningkatan produktivitas dan kualitas UMKM," ujar Arinal.

Arinal meyakini dari antusiasme masyarakat tersebut, penyelenggaraan Lampung Craft kedepannya akan menjadi pameran kerajinan yang bergengsi baik di level regional maupun nasional.

"Optimisme ini perlu didukung dengan koordinasi, sinergi dan partisipasi semua stakeholder terkait untuk meningkatkan daya saing UMKM di tingkat nasional maupun global," katanya.

Menurutnya, hadirnya Lampung Craft sebagai salah satu upaya mengedukasi masyarakat untuk lebih bangga dan mencintai produk UMKM dalam negeri.

Hal ini juga sejalan dengan semangat Presiden Joko Widodo untuk menggaungkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Ia menuturkan hadirnya Lampung Craft ini diharapkan juga akan menggugah minat generasi milenial untuk ikut berperan aktif.

"Sehingga meningkatkan kinerja sektor UMKM dalam perekonomian," katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal mengapresiasi seluruh peserta Lampung Craft ketiga tahun 2022.

Baik dari Dekranasda Kabupaten/Kota, pelaku usaha dari Provinsi Lampung maupun luar Provinsi Lampung, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi.

"Terimakasih yang sebesar besarnya kepada ikon Lampung Craft ketiga ini yaitu Kabupaten Way Kanan yang telah berkontribusi mensukseskan pameran tahun ini," ujar Ibu Riana.

Ibu Riana menjelaskan selain sebagai wujud komitmen untuk membangkitkan kriya dan wastra Lampung, event Lampung Craft juga untuk menumbuhkan rasa cinta produk dalam negeri.

"Khususnya yang dihasilkan perajin UMKM Lampung," katanya.

Selain itu, kata Ibu Riana pameran ini juga sebagai ajang promosi dan menjual produk kerajinan UMKM dari 15 kab kota se- Provinsi Lampung dan pelaku usaha lainnya.

"Dan juga menjadi wadah edukasi dan informasi mengenai kriya dan wastra Lampung bagi masyarakat, terutama bagi generasi penerus muda milenial agar mencintai produk budaya Provinsi Lampung," ujarnya.

Ibu Riana menyebutkan tingginya angka penjualan dan antusiasme kunjungan masyarakat ke Lampung Craft ini, membuat Dekranasda Provinsi Lampung semakin optimis untuk terus melakukan inovasi dan terobosan baru bagi kemajuan kriya dan wastra Lampung ke depannya.

"Lampung Craft telah berjalan sampai hari ke 5 dan mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat, terlihat dari antusiasme masyarakat yang berkunjung hingga hari terakhir masih sangat besar," katanya.

Pada penutupan Lampung Craft 2022, diumumkan pemenang stan terbaik dan produk kerajinan terbaik serta pemberian penghargaan kepada sponsor. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: