Segera Beroperasi, Angkutan Perintis Damri Trayek Liwa-Kebun Tebu

Segera Beroperasi, Angkutan Perintis Damri Trayek Liwa-Kebun Tebu

Penyerahan keputusan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KEP-DRJD 8613 Tahun 2022 tentang jaringan trayek angkutan perintis tahun 2023. FOTO DOKUMEN DINAS PERHUBUNGAN LAMPUNG BARAT --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bus Damri membuka layanan angkutan perintis di Lampung Barat. Trayeknya Liwa-SP 3 Way Tenong- Kebun Tebu. 

Pembukaan jalur perintis itu ditandai dengan penyerahan dokumen oleh pihak Damri yang diwakili Okto Saputra kepada Pemkab Lampung Barat dan diterima Asisten II Wasisno Sembiring, di ruang rapat Sekincau, Kamis 27 Oktober 2022. 

Menurut Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Barat Junaidi, pihak Damri akan mengoperasionalkan dua bus. 

Ini tetuang dalam surat dari Damri Nomor 0114.00/AK.007/SKU/D1.002/GM/2022. 

BACA JUGA: Intensitas Hujan Tinggi, Rumah Tertimpa Longsor, Satu Orang Alami Luka Ringan

”Untuk jumlah bus dua unit, dengan jarak tempuh trayek 91 Kilometer. Ritase per bus dua ritase (empat ritase per hari dua bus) dengan jarak tempuh tiga jam. Berdasar surat Damri tersebut, untuk launching pengoperasian dimulai 1 Januari 2023 mendatang,” kata Junaidi.

Dibukanya trayek Liwa-SP 3 Way Tenong-Kebun Tebu oleh Damri sebagai tindak lanjut dari surat keputusan Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Nomor KP-DRJD 8613 Tahun 2022 tentang jaringan trayek angkutan jalan perintis tahun 2023.

Ini juga berdasar hasil survei tim Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VI Bengkulu-Lampung (BPTD), Dinas Perhubungan Lampung, Damri dan Dinas Perhubungan Lampung Barat pada 27 Januari 2022 lalu.

”Trayek Liwa-SP 3 Way Tenong-Kebun Tebu tersebut ditetapkan melalui surat keputusan (SK) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP-DRJD 8613 Tahun 2022 tentang jaringan trayek angkutan jalan perintis tahun 2023. Untuk Provinsi Lampung, ada tujuh trayek. Satu di Lampung Barat,” urai Junaidi.

BACA JUGA: Mengenal EFiling Pajak Online Dan Keuntungan Menggunakannya

Junaidi melanjutkan, dibukanya trayek tersebut merupakan kabar baik bagi masyarakat. Terlebih untuk wilayah Kecamatan Kebun Tebu. 

Nantinya trayek akan melintasi Kecamatan Gedung Surian, Air Hitam dan Way Tenong. Ini akan menjadi moda transporasi masyarakat saat akan menuju Liwa dan sebaliknya.

”Seperti kita ketahui, saat ini keberadaan angkutan umum sudah sangat jarang. Dengan dibukanya pelayanan bus Damri tersebut, tentunya menjadi kabar baik,” imbuhnya.

Sementara Asisten II Wasisno Sembiring menambahkan, mengingat transportasi umum Liwa-Bandar Lampung saat ini sudah sangat sedikit, maka Pemkab Lampung Barat akan kembali mengajukan ke pihak Damri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: