Canggih, RSUDAM Perkenalkan Pelayanan Uro-Nefrologi

Canggih, RSUDAM Perkenalkan Pelayanan Uro-Nefrologi

Rumah SakitĀ Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) membuka layanan Uro-Nefrologi yang menjadi program prioritas dari Kementerian Kesehatan.--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) kini membuka pelayanan Uro-Nefrologi yang menjadi program layanan prioritas dari Kementerian Kesehatan.

Direktur RSUDAM dr. Lukman Pura mengatakan, pelayanan klinik ini ditujukan kepada pasien yang mengalami gangguan ginjal dan saluran kemih.

"Pelayanan Uro-Nefrologi di RSUD Abdul Moeloek Provinsi Lampung merupakan salah satu layanan prioritas yang ditetapkan oleh Kemenkes RI," kata dr. Lukman, Rabu 16 November 2022.

Menurut Lukman, klinik tersebut terbilang canggih dan memadai. Di mana, penanganan dilakukan oleh tim dokter ahli dan tenaga kesehatan profesional lainnya.

"Didukung peralatan medis  yang canggih," urainya.

Dr. Lukman menuturkan, Uro-Nefrologi memiliki berbagai pelayanan bagi pasien yang memiliki permasalahan berkaitan dengan saluran pembuangan seperti ginjal dan lainnya.

"Adapun pelayanan dalam Uro-Nefrologi terdiri dari Hemodialisa, CAPD dewasa/anak, PCNL, ESWL dan Endoskopi Urologi," ujarnya. 

Kemudian terapi Medikamentosa, kemoterapi, radiasi, operasi terbuka kegansan Urologi, Biopsi Ginjal, persiapan hingga transplantasi ginjal.

Mengambil salah satu contoh pelayanan, dr. Lukman menjelaskan soal hemodialisa.

Yaitu prosedur pembersihan darah dari limbah hasil metabolisme tubuh dengan menggunakan alat yang disebut dengan hemodialyzer.

"Secara singkat atau bisa dibilang hemodialisa adalah cuci darah," jelasnya.

Dilanjutkan, pelayanan CAPD (Continuous Ambulatory Peritonel Dialysis) adalah proses dialis di rongga perut dan peritoneum sebagai membran semi permeable berfungsi sebagai tempat yang dilewati cairan tubuh dan racun sisa dari metabolisme, kemudian difilter alami ketika dilewati oleh zat sisa.

"Dengan kata lain, ini merupakan metode cuci darah melalui perut," urai dr. Lukman.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir karena pelayanan ini ditangani oleh tim dokter instalasi Uro-Nefrologi yang memang ahli dibidangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: