Fakultas Pertanian Unila Terima Muri Video Pembelajaran Terbanyak di Dunia

Fakultas Pertanian Unila Terima Muri Video Pembelajaran Terbanyak di Dunia

--

Radarlampung.co.id-Fakultas Pertanian (FP) Universitas Lampung mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penginisiasi pembuatan vidio pembelajaran dengan hak cipta terbanyak di Indonesia bahkan di Dunia.

Penerimaan sertifikat penghargaan tersebut dilakukan langsung oleh Customer relation director MURI Andre Purwando kepada Plt. Rektor diwakili Wakil Rektor III Unila Prof. Yulianto dan Dekan FP Prof. Irwan Syukri Banuwa di Aula FP, senin 21 November 2022.

Dekan FP Unila Prof. Irwan Syukri Banuwa mengatakan ide awal pemecahan rekor dunia itu adalah berkah dari Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia dimana Lampung masuk didalamnya ada ditahun 2020.

"Jadi idenya dengan adanya Covid 19 yang berkepanjangan, walaupun berbasis zoom masih terdapat kesulitan untuk para dosen menyampaikan materinya secara langsung. Maka dari itu kita berinisistif untuk membuat vidio pembelajarannya, kalau ada yang kurang faham maka bisa diulang dan ini bisa mempermudah dosen saat melaksanakan pembelajaran tentang perternakan dan pertanian secara online," kata Prof. Irwan.

Menurutnya, Setelah memberikan penjelasan pada mahasiswa kemudian diskusi dirasa waktunya tidak mencukupi, oleh karenanya diputarkan dahalu materi pembelajarannya melaluo vidio.

"Setelah itu waktu yang tersedia bisa digunakan untuk berdiskusi," ujarnya.

Selain itu, vidio yang berjumlah 112 ini diupload pada akun youtube Fakultas Pertanian agar bisa digunakan bagi mahasiswa yang memang membutuhkan materi vidio pada pembelajaranya.

"Kami berfikir ilmu yang sedikit ini dipakai atau dimanfaatkan diluar FP Unila, tentu ini merupakan nilai baik. Dalam konteks agama islam jika materi vidio pembelajaran yang kita buat lalu diupload oleh para dosen lalu diambil sebagai ilmu pengetahuan, tentu ini akan menjadi amal jariyah bagi dosen bersangkutan," ungkapnya.

Terkait HAKI sendiri, Prof. Irwan menyebut semua vidio pembelajaran yang dimiliki telah memiliki hal cipta, hal ini mencegah terjadinya coppyright pada pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

"Orang-orang yang mengambil materi itu tanpa ijin, nah itu akan di banned oleh youtube tentunya. Kemarin kita juga sudah melakukan seleksi untuk mengetahui apakah ada materi orang lain yang diunduh sebagai vidio tanpa ijin dan sumber, dari 200 vidip terkumpul 173, dari nilai itu kita seleksi muncul 112 jadi memang kita benar-benar berhati-hati tentang ini," jelasnya.

Sementara itu, Customer relation director MURI Andre Purwando mengungkapkan jika ini adalah vidio pembelajaran terbanyak dengan hak cipta yang dimiliki.

"Bahkan kampus lain belum ada yang punya atau mencatatkan di Museum Rekor Indonesia," kata Andre.

Andre juga menjelaskan, hal lain yang menarik hingga dinobatkan rekor Indonesia dan dunia adalah pembuatan vidio yang dilakukan oleh satu fakultas bukan akumulasi Universitas.

"Jadi Fakultas pertanian ini berhasil membuat vidio pembelajaran terbanyak yaitu 112 oleh satu fakultas, Proses HAKInya sediri sejak 2020 dan keluar di 2022. spesialnya lagi ini terbanyak di dunia bukan hanya di Indonesia karena memang belum pernah ada di dunia, semoga vidio ini bisa berguna bukan hanya untuk mahasiswa Unila tetapi masyarakat dunia diluar sana juga," pungkasnya. (mel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: