Rektor UTI Dorong Peningkatan Penggunaan Bahasa Lampung

Rektor UTI Dorong Peningkatan Penggunaan Bahasa Lampung

FOTO HUMAS UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, S.E., MBA, mendorong peningkatan penggunaan Bahasa Lampung di masyarakat. 

Dalam berbagai ruang dan waktu. Mulai lingkungan pendidikan hingga pemerintahan pada acara-acara resmi maupun santai.

Menurut Nasrullah Yusuf, langkah tersebut bertujuan untuk merawat sekaligus menghidupkan bahasa daerah sebagai salah satu aset atau kekayaan daerah dan bangsa. 

BACA JUGA: Mahasiswa UTI Sumbang Medali pada Pomnas 2022

BACA JUGA: Tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pemahaman Game Metaverse di SMA YP Unila

"Saya berimajinasi, saat acara wisuda di Universitas Teknokrat, orasi ilmiah misalnya, ada salah satunya yang disampaikan dalam Bahasa Lampung," kata Nasrullah Yusuf saat menjadi narasumber dalam acara Siniar (Podcast) Kelasa di Kantor Bahasa Provinsi Lampung, 28 November 2022.

Rektor juga mencontohkan pada acara resmi pemerintah daerah. Mulai gubernur hingga pejabat lainnya, menyampaikan sambutan dengan menggunakan Bahasa Lampung.

"Misalnya upacara 17-an. Menyampaikan sambutan dengan Bahasa Lampung," sebut dia.

BACA JUGA: Bangun PLTS, UTI Dukung Indonesia Menuju Energi Terbarukan

BACA JUGA: Tim Peneliti UTI Kunjungi Utrecht University Belanda

Termasuk di lingkungan sekolah. Ketika upacara hari Senin, bisa diatur waktunya seperti satu bulan sekali bagi guru sebagai pembina upacara untuk menyampaikan sambutan dalam Bahasa Lampung.

Namun, Nasrullah Yusuf juga mengakui ada kendala Bahasa Lampung bisa lebih kerap terdengar dalam masyarakat. Terutama soal dibutuhkannya penerjemah.

Karena itu, untuk mencari solusi atas kendala, Rektor mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama membicarakan dan merumuskan kebijakan dan langkahnya. 

BACA JUGA: Kunjungi UGM, UTI Kembangkan Mobil Listrik dan Kolaborasi Kampus Merdeka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: