5 Keris yang Dianggap Sakti Mandraguna di Tanah Jawa, Konon Salah Satunya Pernah Dimiliki Presiden Soekarno.

5 Keris yang Dianggap Sakti Mandraguna di Tanah Jawa, Konon Salah Satunya Pernah Dimiliki Presiden Soekarno.

Duplikat Keris Nogososro. (Instagram/@unggulkardjono)--

Penyempurnaan yang terdapat dalam sabda Raja Sultan Hamengkubuwono X tersebut, konon memiliki makna yang berarti pemberian kepada putra mahkota.

4. Keris Nogososro

Keris Nogososro dibuat oleh Mpu Ki Nom pada masa Kerajaan Majapahit, di mana Nogososro dimaknai sebagai simbol kepemimpinan yang adil dan bijaksana. Kemudian Naga yang ada dalam keris tersebut berarti kekuatan dan kekuasaan.

Keris Nogososro memiliki motif naga utuh dari bagian gandik sampai ekor, dengan mulut naga yang menggigit batu intan. Konon, keris ini memiliki kekuatan sakti mandraguna dan dalam mitosnya, kekuatan yang ada dalam keris ini pernah digunakan saat masih menjadi milik Presiden Soekarno.

BACA JUGA:Keren, Bakal Ada Mobil Terbang di IKN, Mulai Uji Coba 2024 Mendatang

5. Keris Setan Kober

Disebut sebagai benda pusakan Tanah Jawa buatan Mpu Supo Mandrangi, keris Setan Kober terkenal sebagai pusaka yang haus darah dan membawa hawa yang panas.

Konon keris ini awalnya sempat dimiliki oleh Sunan Kudus, yang kemudian mewariskan benda pusaka tersebut kepada muridnya, yakni Arya Panangsang atau Adipati Jipang Panolang.

Arya Panangsang dikenal sebagai murid Sunan Kudus yang memiliki kemampuan sakti dan kepribadian yang tegas. Namun menurut sejarah, Arya Panangsang justru tewas terbunuh akibat keris warisan sang guru tersebut.

Itulah lima keris yang dianggap sebagai benda pusaka dan dipercaya memiliki kekuatan supranatural di Tanah Jawa. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: