Pemkab Pringsewu Salurkan BLT untuk 3.298 KPM, Ini Kriterianya

Pemkab Pringsewu Salurkan BLT untuk 3.298 KPM, Ini Kriterianya

Pemkab Pringsewu mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dalam rangka penanganan dampak inflasi yang bersumber dari APBD 2022.--

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Keluarga penerima manfaat (KPM) di Pringsewu mulai menerima bantuan langsung tunai (BLT) dalam rangka penanganan dampak inflasi yang bersumber dari APBD 2022.

Total ada 3.298 keluarga miskin dan rentan miskin di Pringsewu yang menerima bantuan tersebut. BLT diberikan untuk periode Oktober, November dan Desember 2022 senilai Rp 200 ribu per bulan.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan, BLT yang disalurkan tersebut merupakan upaya pemkab untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin dan tidak mampu.

Kemudian meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga barang dan jasa akhir-akhir ini.

BACA JUGA: Rilis Terkini OJK, Berikut Ini Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2022, Awas Terjebak!

Penyaluran program BLT tersebut berdasar Peraturan Menteri Keuangan RI No.134/PMK.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022.

"Pemkab Pringsewu mengalokasikan BLT bagi 3.298 keluarga miskin dan rentan miskin terdampak inflasi yang tersebar di sembilan kecamatan," sebut Adi Erlansyah. 

Sementara, launching penyaluran BLT tersebut berlangsung di Balai Pekon Fajar Agung, Kecamatan Pringsewu, Senin 12 Desember 2022. 

Turut hadir Ketua DPRD Pringsewu Suherman dan Kepala Dinas Sosial Pringsewu Titik Puji Lestari dan camat serta kepala pekon. 

BACA JUGA: Kecelakaan, Bandit Pencuri Motor Bersenjata Mainan di Lampung Timur Diciduk

Selain penyerahan secara simbolis BLT kepada perwakilan keluarga penerima manfaat, pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan sosial berupa kursi roda dan sepeda motor yang telah dimodifikasi bagi penyandang disabilitas. 

Terpisah, penyaluran bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT-DD) di Lampung Timur memasuki tahap ke empat.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Timur Yudi Irawan, tahun ini kabupaten itu mendapat alokasi dana desa sebesar Rp 279 miliar. 

Anggaran tersebut bakal disalurkan untuk 264 desa yang tersebar pada 24 kecamatan di Lampung Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: