Fakta Menarik Kroasia, Takluk 3-0 dari Argentina di Babak Semifinal Piala Dunia 2022

Fakta Menarik Kroasia, Takluk 3-0 dari Argentina di Babak Semifinal Piala Dunia 2022

Pemain Argentina dan Kroasia. (Instagram/@pialaduniacup)--

RADARLAMPUNG.CO.ID –Skuad Kroasia memang kembali lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022 untuk ketiga kalinya, dan berhadapan dengan Argentina dalam laga yang digelar Rabu, 14 Desember 2022 pukul 02.00 dini hari WIB.

Seperti yang diketahui pada Piala Dunia 2018 yang saat itu digelar di Rusia, Kroasia merupakan runner-up kala itu setelah kalah dari Prancis dengan skor akhir 4-2.

Sedangkan dalam laga menghadapi Argentina, Kroasia harus menelan kepahitan dari balas dendam pertandingan masa lalu karena kalah telak 3-0 dari  skuad Argentina.

Kroasia pertama kali lolos ke babak semifinal Piala Dunia yakni pada Piala Dunia Prancis 1998. Setelah itu tim kembali berhasil lolos ke babak final di Piala Dunia 2018.

BACA JUGA:Daftar Pernikahan dengan Biaya Termahal di Dunia, Didominasi The Royal Family Kerajaan Inggris

Dalam sejarah negaranya, Republik Kroasia baru terbentuk pada 1991 lalu usai memisahkan diri dari Republik Sosialis Federal Yugoslavia.

Negara tersebut hanya memiliki penduduk sebanyak 3,9 juta, hal itu membuat jumlahnya lebih kecil dibanding Ibu Kota Negara Indonesia yang memiliki jumlah penduduk mencapai 10,6 juta jiwa.

Pendapatan negara Kroasia berasal dari sektor pertanian, industri, jasa dan pariwisata yang menjadi sektor andalan.

Sedangkan untuk pendapatan Domestik Bruto Kroasia mencapai 62,84 miliar dollar AS pada 2021 lalu, dengan pendapatan perkapita sebesar 17,398 dollar AS.

BACA JUGA:Kalahkan Kroasia, Argentina Pastikan Melaju ke Final Piala Dunia 2022

Setelah tujuh tahun berhasil bertahan sebagai sebuah negara, untuk pertama kalinya sepak bola Kroasia berhasil menjadi juara tiga Piala Dunia 1998 di Prancis.

Pada perhelatan Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia, skuad Kroasia berhasil mendepak Argentina dengan menang telak 3-0 di babak penyisihan grup Piala Dunia Rusia 2018.

Tim yang menaungi pemain bintang dunia, Lionel Messi itu sudah tiga kali berjumpa dengan Kroasia dengan hasil akhir pertandingan 2 kali kalah dan  1 kali menang dan mencetak gol pada 2 laga.

Argentina telah lolos sebanyak lima kali ke babak semifinal dan selalu berhasil melaju ke babak final Piala Dunia. Sedangkan selama Piala Dunia 2018 dan 2022, Kroasia hanya sekali mengalami kekalahan yakni saat melawan Prancis di final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: