DPRD Pesawaran Dukung Pilkades Dengan Sistem E-Voting, Tapi…

DPRD Pesawaran Dukung Pilkades Dengan Sistem E-Voting, Tapi…

Anggota Komisi I DPRD Pesawaran mendukung pelaksanaan pilkades serentak dengan sistem e-voting. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID --

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Komisi I DPRD Pesawaran siap mendukung pemerintah agar pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) dilaksanakan dengan sistem e-voting

Ketua Komisi I DPRD Pesawaran Subhan Wijaya mengatakan, pihaknya sudah membahas terkait beberapa desa yang melaksanakan pilkades dengan sistem e-voting. 

”Dari segi efektif dan hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir dengan sistem e-voting," kata Subhan Wijaya saat monev pilkades di Desa Karang Anyar, Kecamatan Gedongtataan, Sabtu 17 Desember 2022.

Menurut dia, pihaknya siap mendukung Pemkab Pesawaran agar ke depan pelaksanaan Pilkades serentak mengunakan sistem e-voting. 

BACA JUGA: Desa Paguyuban Jadi Pilot Project Pilkades Dengan Sistem E-Voting di Pesawaran

Tentunya hal ini harus menjadi pembahasan lebih lanjut. Terutama terkait kebutuhan peralatan, sumber daya manusia dan kebutuhan lainnya.

"Kalau memang lebih efektif dengan e-voting, Komisi I siap mendukung penuh pemerintah daerah. Ke depan, hajat pilkades kita laksanakan dengan sistem e-voting," tegasnya.


Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memantau pelaksanaan Pilkades serentak, Sabtu 17 Desember. Salah satunya di Desa Paguyuban yang menjadi pilot project e-voting.--

Terpisah, Ubaidillah, salah satu warga Desa Paguyuban mengatakan, meskipun terdapat sedikit perbedaan dengan cara manual, sistem e-voting lebih baik, lancar dan tidak ada kecurangan. 

"Tidak ada ganda, crosceknya ada. Lebih jujur dan adil. Harapan kita, ini bisa diteruskan di seluruh desa. Dan Desa Paguyuban ini percontohan. Kalau sukses, maka sukses juga Pesawaran secara keseluruhan. Begitupun sebaliknya," kata Ubaidilah.

BACA JUGA: Rapat Perdana, Kormi Bandar Lampung Maksimalkan Program Kerja 

Sedangkan, untuk keamanan, baik dari kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah sangat intens melakukan pengamanan.

"Bahkan sejak kemarin, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sudah patroli melakukan pantauan," sebut dia. 

Diketahui, Desa Paguyuban Kecamatan Way Lima, Pesawaran menjadi pilot project pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) dengan sistem e-voting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: