Di Kejurnas Berkuda, Lampung Dapat Satu Emas

Di Kejurnas Berkuda, Lampung Dapat Satu Emas

(Foto Dok. Radarlampung.co.id) --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Atlet berkuda Pordasi Lampung, RD. Sulthan Yazfa Kusdinar meraih satu medali emas pada kejuaraan Equestrian Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2022 yang berlangsung di Surabaya Equestrian Complex, Kenpark Complex, Jawa Timur pada 1-18 Desember 2022.

Sulthan menjadi juara pada nomor show jumping di kategori U-21 Individual. Sulthan Yazfa Kusdinar berhasil mengungguli dua pesaingnya dari Jawa Barat, yakni Arserl Rizki Brayudha dan Nathanael Grabriel S. Menayang - Jawa Barat yang harus puas dengan medali perak dan perunggu.

Ketua Pordasi Lampung Hengki Irawan menjelaskan, meski usia Pordasi Lampung belum setahun, namun keberhasilan ini di Kejurnas Equestrian untuk pertama kalinya dengan menurunkan beberapa atlet di kelas Dressage open dan Jumping U-21 merupakan suatu prestasi.

“Alhamdullilah capaian prestasi yang luar biasa. Di usia organisasi yang baru diresmikan oleh KONI Lampung tetapi kami bisa memberikan medali di ajang Kejurnas," kata Hengky, Rabu 21 Desember 2022. 

BACA JUGA:141 Ribu Orang Ramaikan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022, BRI Antarkan UMKM Go Global

Menurutnya dalam kejurnas itu, Lampung dihadapi dengan lawan tangguh dari pulau Jawa yang sudah lama berpengalaman.

"Lawan kami tangguh, mereka punya pengalaman dan fasilitas yang bagus. Tetapi Alhamdulillah kami bisa menghadapinya," ujar anggota TNI berpangkat mayor ini. 

Ia mengatakan, raihan medali di Kejurnas Equestrian ini menjadi modal Pordasi Lampung untuk meloloskan atletnya ke PON 2024.

Sebab, sistem kualifikasi PON di cabang olahraga berkuda khususnya di nomor equestrian tim yang ikut kejurnas di Surabaya itu akan melakukan Kejurnas kembali di Padang, Sumatera Barat pada 2023.

BACA JUGA:Satresnarkoba Polres Pringsewu Amankan Dua Pemuda Pemilik Ribuan Pil Hexymer

"Jadi kejurnasnya dua kali. Nanti tim yang ikut kemarin di Surabaya akan turun lagi di kejurnas Padang tahun 2023 mendatang," jelas Hengky. 

Namun, kata Hengky, RD. Sulthan Yazfa Kusdinar kemungkinan besar tidak bisa tampil di PON lantaran umurnya yang melebihi batas.

"Nanti kita masukkan atlet yang umurnya bisa mengikuti PON. Sedangkan yang umurnya melebihi batas kita ikutkan di kategori open," jelas Hengky. 

Targetnya di PON 2024, Pordasi Lampung mendapatkan empat medali emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: