Selain Centang Biru, Sekarang Ada Centang Abu-Abu dan Centang Emas di Twitter

Selain Centang Biru, Sekarang Ada Centang Abu-Abu dan Centang Emas di Twitter

Akun Twitter Presiden Jokowi kini tersematkan centang abu-abu. (Twitter/@jokowi)--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Perusahaan media sosial yakni Twitter kembali membuat sebuah gebrakan baru dengan menghadirkan dua warna baru untuk tanda centang pada akun Twitter tertentu.

Demikan dari pantauan Radarlampung.co.id dari media sosial Twitter pada Kamis, 22 Desember 2022.

Setelah sebelumnya menghadirkan centang biru untuk akun Twitter yang memiliki kriteria sesuai dengan tanda centang tersebut.

Twitter membuat sebuah gebrakan baru dengan menghadirkan dua warna baru untuk tanda centang berwarna abu-abu dan centang bewarna emas pada akun Twitter tertentu milik penggunanya.

BACA JUGA:Ini Tiga Nama yang Keluar Sebagai Calon Rektor Universitas Lampung

Adanya perbedaan warna yang dibuat oleh platform media sosial tersebut mengartikan bahwa Twitter mengelompokkan akun terverifikasi ke dalam 3 kategori.

Centang berwarna biru yang tersemat pada akun Twitter, masuk ke dalam kategori akun yang terkenal. Kemudian centang berwarna emas disematkan pada akun Twitter berbasis bisnis.

Termasuk di dalamnya yaitu akun-akun media atau portal berita, serta centang berwarna abu-abu tersemat pada akun Twitter milik pemerintahan atau yang berbasis politik.

Beberapa waktu lalu, Twitter mengumumkan bahwa centang biru akan mulai dikenakan fee atau bayaran. Bagi pelanggan  yang akunnya sudah memiliki centang biru, maka akan ditawarkan sejumlah fitur eksklusif.

BACA JUGA:Mak Nyak Si Doel Anak Sekolahan Akan Dimakamkan di Tangsel

Bagi pengguna akun Twitter yang ingin berlangganan centang biru tersebut, pihak Twitter mematok dua biaya berlangganan yang berbeda untuk Twitter Blue.

Jika pengguna berlangganan lewat web, maka cukup membayar 8 dollar AS atau setara dengan Rp125.000 per bulan. Sedangkan pengguna yang mendaftar lewat iOS, mereka harus rela merogoh kocek lebih dalam dengan membayar 11 dollar AS atau setara dengan Rp172.000.

Kebijakan baru yang dibuat oleh perusahaan Twitter, diduga merupakan cara dari pihak perusahaan tersebut untuk menutup kerugian akibat 30% komisi yang diambil oleh Apple untuk layanan berlangganan yang dibeli melalui aplikasi.

Pembaharuan warna pada tanda centang biru di Platform Twitter ini merupakan janji perusahaan tersebut sebelumnya, di mana mereka akan mengganti centang biru pada akun resmi seperti perusahaan dan pemerintahan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: