Prodi S1 Keperawatan UAP Gelar Kuliah Pakar

Prodi S1 Keperawatan UAP Gelar Kuliah Pakar

Pemateri Ketua Umum DPP PPNI Dr. Hanif Fadhilah, S.Kp., S.H., M.Kep., M.H dan Associate Professor Departmen of Mental Health Nursing University of Indonesia Dr. Mustikasari, S.Kp., MARS.--

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Progam studi (Prodi) S1 Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) menggelar kuliah pakar dengan tema Penerapan Etik dan Legal Dalam Nursing Home Care serta Peran Perawat Dalam Perawatan Pasien ODGJ Di Masyarakat.

Kegiatan di aula Universitas Aisyah Pringsewu, Jumat 24 Desember 2022 ini berangkat dari pemikiran bahwa perawat sebagai profesi dan bagian integral dari pelayanan kesehatan. 

Di mana, tidak saja membutuhkan kesabaran, namun ditopang  kemampuannya untuk ikut mengatasi masalah-masalah kesehatan.

Untuk mewujudkan keperawatan sebagai profesi yang utuh, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. 

Setiap perawat harus mempunyai body of knowledge yang spesifik, memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui praktek keprofesian yang didasari motivasi altruistik, mempunyai standar kompetensi dan kode etik profesi. 

Para praktisi dipersiapkan melalui pendidikan khusus pada jenjang pendidikan tinggi.

Kegiatan kuliah pakar yang digelar Aisyah University menghadirkan pemateri Ketua Umum DPP PPNI Dr. Hanif Fadhilah, S.Kp., S.H., M.Kep., M.H dan Associate Professor Departmen of Mental Health Nursing University of Indonesia Dr. Mustikasari, S.Kp., MARS.

Ketua pelaksana Feri Agustriyani S.Kep.,Ners.,M.Kep yang didampingi Sekretaris Anggi Kusuma. S.Kep., Ners., M.Kep mengatakan, kuliah pakar etik dan legal keperawatan mandiri serta perawatan di rumah pasien ODGJ bertujuan meningkatkan pengetahuan civitas akademika, khususnya program Studi S1 Keperawatan Universitas Aisyah Pringsewu terkait informasi terkini tentang penerapan etik dan legal dalam nursing home care serta peran perawat dalam perawatan paasien ODGJ di masyarakat.

"Sasaran untuk kegiatan kuliah pakar seluruh mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidik program studi S1 Keperawatan Universitas Aisyah Pringsewu dan unsur pimpinan Universitas Aisyah Pringsewu," beber Feri.

Sementara itu Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep., Ners., MAN, berharap, kuliah pakar dapat menjadi sarana untuk memperkaya pengetahuan civitas akademika terkait informasi-informasi terkini tentang penerapan etik dan legal dalam nursing home care serta peran perawat dalam perawatan pasien ODGJ di masyarakat.

"Terima kasih kepada narasumber. Dengan kesibukannya bisa hadir untuk share knowledge kepada keluarga besar Universitas Aisyah Pringsewu," ungkapnya. 

Ditambahkan Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu Ikhwan Amiruddin, S.Kep., Ners., M.Kep, setiap profesi pada dasarnya memiliki tiga syarat utama.

Yaitu kompetensi yang diperoleh melalui pelatihan ekstensif, komponen intelektual yang bermakna dalam melakukan tugasnya, dan memberikan pelayan penting kepada masyarakat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: