Tak Hanya di Pulau Jawa Wisata Religi Juga Ada di Lampung, Ini Rekomendasinya

Tak Hanya di Pulau Jawa Wisata Religi Juga Ada di Lampung, Ini Rekomendasinya

Wisata Religi Di Lampung Yang Bisa Jadi Rekomendasi Saat Libur Akhir Tahun--channelmuslim.com

RADARLAMPUNG.CO.ID - Provinsi Lampung yang mempunya Motto “Sang Bumi Ruwa Juari” ini terdapat destinasi wisata religi yang sangat kental akan nilai sejarah di dalamnya.

1.    Makan Syaikh Aminullah

Daftar religi yang ada di Provinsi Lampung yang pertama adalah makam Makan Syaikh Aminullah. Diketahui beliau merupakan ulama penyebaran agama islam di wilayah Pesisir Barat, Lampung, menurut beberapa sumber Syaikh Aminullah wafat pada tahun 1525 Masehi.

Makan Syaikh Aminullah berlokasikan di Desa Pugung Tanjung Jaoh, Kecamatan Lemong, Krui Pesisir Barat, Lampung.

2.    Masjid Agung Al Furqon

Masjid Agung Al Furqon atau yang sering disebut dengan Masjid Al Furqon merupakan masjid terbesar di Bandar Lampung. Masjid ini didirikan pada tahun 1985 ini memiliki menara yang berukuran 114 meter dan Masjid Agung Al Furqon merupakan salah satu icon kota Bandar Lampung.

Bagunan ini terbagi menjadi dua lantai. Pada lantai bawah dipergunakan untuk tempat ibadah, sedangkan di lantai kedua di gunakan untuk pertemuan-pertemuan dan acara resepsi pernikahan.

BACA JUGA:4 Wisata di Lampung Selatan Temani Tahun Baru Bersama Keluarga, Dijamin Bikin Kamu Enggak Mau Pulang

Masjid ini berlokasikan di Jalan Diponegoro No 55 Gulak Galik Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

3.    Makam Al-Habib Ali bin Alwi Idrus

Al-Habib Ali bin Alwi Idrus merupakan tokoh penyebar islam pertama di Kabupaten Lampung Selatan. Makam Al-Habib Ali bin Alwi Idrus berada didalam masjid Jami’ Nurul Huda.

Warga masyarakat disana banyak menyebutkan jika masjid ini merupakan masjid tertua di Kabupaten Lampung Selatan. Makam Al-Habib Ali bin Alwi Idrus berlokasikan di Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan.

4.    Masjid Jami’ Al-Anwar

Masjid Jami’ Al-Anwar adalah masjid tertua yang ada di Bandar Lampung yang didirikan pada tahun 1883 yang artinya bangunan tempat ibadah ini sudah ada sebelum Gunung Krakatau Meletus pada tahan 1883.

BACA JUGA:Cobain Sensasi Kelezatan Makanan Khas Timur Tengah di Bandar Lampung, Dijamin Bikin Nagih

Lokasi masjid ini berada di Jalan Laksamana Malahayati No 100 Kelurahan Kangkung, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung.

5.    Masjid Aminatul Jannah

Masjid Aminatul Jannah berdiri pada tahun 2011. Bangunan masjid ini memang tidak terlalu besar namun, ornamen yang ada didalam masjid ini perlu diperhitungkan karena memiliki arsitektur perpaduan antara timur tengah dengan masyarakat setempat.

Hal tersebutlah yang menjadikaan Masjid Aminatul Jannah memiliki pesoan cantik yang selalu menjadi pengingat bagi para pengunjung yang datang di tempat ini.

Masjid Aminatul Jannah berlokasikan di Rest Area, Sumber Jaya, Lampung Barat.

6.    Masjid Terapung Al-Aminah

Masjid Terapung Al-Aminah adalah msjid yang terletak  300 meter dan bibir pantai Sari Ringgung, Kecmatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Dengan ditopang oleh pelampung-pelampung serta jangkar supaya tidak hanyut masjid ini mengapung di laut.

BACA JUGA:Jelang Libur Tahun Baru, Berikut 5 Destinasi Wisata Bukit Pusat Kota Bandar Lampung dengan Pemandangan Indah

Pada awalnya masjid ini difungsikan sebagai fasilitas tempat ibadah bagi nelayan yang masih berada dilaut. Akan tetapi pada tahun 2014 direnovasi dan diresmikan sebagai objek wisata Lampung pada tahun 2015.

Dari segi bangunannya, Masjid Terapung Al-Aminah memiliki luas sekitar 20 meter persegi dengan kapasitas 200 jamaah. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dikutip dari berbagai sumber