Safety Riding: Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Safety Riding: Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Berkendara aman saat hujan perlu berbagai langkah baik sebelum maupun saat berkendara. Kondisi prima baik pengendara maupun sepeda motor juga penting termasuk konsentrasi lebih. --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Berkendara aman saat hujan perlu berbagai langkah baik sebelum maupun saat berkendara. Kondisi prima baik pengendara maupun sepeda motor juga penting termasuk konsentrasi lebih. Sebab jika mengendarai sepeda motor kurang berhati-hati, potensi motor mengalami selip tentu semakin besar.

Menurut Tri Munardi, Instruktur Safety Riding Honda, Lampung, ia membagi dua hal utama mengenai tips berkendara motor secara aman dan nyaman saat musim hujan, yaitu dari sisi pengendara dan sisi motor itu sendiri.

Untuk sisi pengendara, Tri memusatkan perhatiannya kepada penggunaan tiga atribut berkendara yang lengkap.

1. Jas hujan

Jas hujan memiliki beberapa jenis, tetapi yang paling dikenal adalah jas hujan model ponco dan single.

BACA JUGA:Layanan Digital Banking Jadi Andalan Masyarakat, BRI Dinobatkan Sebagai 'The Best Bank in Digital Service'

Jas hujan model ponco, atau biasa yang disebut jas hujan kelelawar, kurang direkomendasi jika terjadi hujan lebat. Ukurannya yang besar terkadang justru membuat ujung belakangnya menjuntai ke roda belakang tanpa kita sadari.

Hal ini sangat berbahaya karena bisa saja ujung jas hujan masuk terselip ke bagian rantai dan juga bisa menutupi lampu rem dan sein belakang. Untuk menyiasatinya, bagian ujung belakang ponco bisa Anda duduki agar tidak beterbangan.

Sedangkan, jas hujan yang paling direkomendasikan adalah model single karena berupa setelan satu atasan dan satu celana. Dengan begitu, jas hujan ini tidak akan membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

2. Helm

Jika terjadi hujan, usahakan gunakan helm yang memiliki visor (kaca pelindung) berwarna bening. Agar semakin menambah rasa nyaman saat menembus hujan, Tri menyarankan bisa menambahkan cairan khusus agar visor tidak berembun.

BACA JUGA:Begini Nasib DPO Investasi Bodong Sampai Asetnya Disita

3. Sarung tangan anti air

Sarung tangan model ini bisa membantu pengendara semakin nyaman saat berkendara di bawah guyuran hujan. “Tujuannya agar saat berkendara tidak terjadi kram atau kesemutan,” kata Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: