Ilmuwan Berhasil Rekonstruksi Wajah Firaun Ramses II, Sang Penguasa Mesir Kuno 3.200 Tahun Lalu

Ilmuwan Berhasil Rekonstruksi Wajah Firaun Ramses II, Sang Penguasa Mesir Kuno 3.200 Tahun Lalu

Tampilan Wajah Firaun Ramses II Setelah Direkonstruksi Menggunakan Teknologi Tomografi Komputer. (Foto.Dok/Face Lab LJMU)--

RADARLAMPUNG.CO.IDIlmuwan asal Inggris dan Mesir memang diketahui kerap kali melakukan kolaborasi untuk berupaya melakukan rekonstruksi citra 3 dimensi (3D).

Rekonstruksi citra dimensi (3D) dilakukan kepada tengkorak Firaun Ramses II dengan menggunakan perangkat lunak tomografi komputer (CT).

Perangkat lunak tomografi komputer (CT) tersebut, dinilai bisa memungkinkan hasil rekonstruksi tengkorak manusia dengan akurat.

Demikian dilansir radarlampung.co.id dari laman informasi Daily Mail pada Kamis, 29 Desember 2022.

BACA JUGA:Tahun Baru 2023 Sebentar Lagi, Berikut 5 Ide Rayakan Tahun Baru di Rumah Jika Turun Hujan Dijamin Anti Boring

Direktur Lab Wajah di Liverpool John Moores University (LJMU), Caroline Wilkinson turut menjelaskan proses ilmiah dari rekonstruksi tersebut.

Caroline mengungkapkan bahwa para ilmuwan mengambil mode CT dari tengkorak Ramses II, kemudian mereka merancang tahap selanjutnya via komputer.

Dalam rancangan di tahap komputer inilah yang kemudian menjadi langkah selanjutnya yang diambil oleh para ilmuwan untuk menambah otot yang membangun wajah Firaun Ramses II.

Alhasil para ilmuwan berhasil mengungkap wajah dari penguasa Mesir Kuno yang hidup di 3.200 tahun yang lalu tersebut, di usia 45 dan 90 tahun hingga nampak benar-benar gambar wajah yang hidup.

BACA JUGA:Waspada! Gejala Dini Diabetes Pada Wanita, Kenali Tanda-Tanda Awal Diabetes dari dr. Saddam Ismail

“Kami mengambil model tengkorak tomografi komputer (CT), yang memberi kami bentuk 3D yang dapat kami ambil ke dalam sistem komputer kami,”kata Caroline.

“Kemudian kami memiliki database pra-model anatomi wajah yang kami impor, kemudian diubah agar sesuai dengan tengkorak,”imbuhnya.

“Jadi pada dasarnya, kita membangun wajah dari permukaan tengkorak ke permukaan wajah, melalui struktur otot dan lapisan lemak dan akhirnya lapisan kulit,”jelasnya.

BACA JUGA:Link 30 Contoh Soal Tes CAT PPS Pemilu 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban, Segera Download Sekarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: