Rumah Warga Srengsem Terbakar, Ini 10 Cara yang Dapat Dilakukan Saat Kebakaran di Rumah

Rumah Warga Srengsem Terbakar, Ini 10 Cara yang Dapat Dilakukan Saat Kebakaran di Rumah

Suasana pemadaman kebakaran di Kelurahan Srengsem.-Sumber Foto: Dinas Damkar-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Musibah kebakaran bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa bisa kita prediksi. 

Seperti di Kota Bandar Lampung, memasuki minggu kedua tahun 2023 Radarlampung.co.id mencatat sudah terjadi dua kali kebakaran. 

Teranyar, kebakaran terjadi pada, Rabu 11 Janurai 2023 sekitar pukul 12.00 WIB, di rumah milik Nano, yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta, Kelurahan Srengsem, Panjang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung Anthoni Irawan mengatakan, kebakaran terjadi di rumah permanen milik Nano yang dihuni dua Kepala Keluarga (KK).

BACA JUGA:KTP Digital Lebih Praktis Karena Ada di Ponsel, Ini Perbedaan Dengan e-KTP

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 13.40 WIB, setelah Dinas Pemadam menerjunkan tujuh mobil pemadam dan 20 personil. Serta, menghabiskan enam tangki air.

"Luas yang terbakar sekitar 9×6 M. Untuk penyebabnya masih dalam lidik polisi, begitu juga dengan kerugiannya belum dapat ditaksir," tuturnya.

Radarlampung.co.id mencoba merangkum 10 cara-cara yang dapat dilakukan saat menghadali kebakaran di rumah kita.

1. Bersikap tenang dan tidak panik saat menghadapi kebakaran. Sebab, sikap panik akan memperburuk keadaan. Karena jika panik kita akan bertindak gegabah.

BACA JUGA:Bingung Cara Mendapatkan Bansos BLT Balita 2023? Simak Syarat Resmi Pengambilannya

2. Berteriak untuk memberitahu orang yang ada di sekitar atau bunyikan alarm jika ada. Pastikan orang yang ada di dalam rumah dan orang di sekitar rumah mendengar.

3. Terlebih dahulu evakuasi semua orang yang berada di dalam lokasi kebakaran, karena nyawa perioritas. Jangan utamakan selamatkan barang-barang.

4. Jika api sumber kebakaran masih kecil, coba terlebih dahulu padamkan dengan pemadam yang ada di sekitar, seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Jika tidak ada, dapat menggunakan air, karung goni, dan lainnya.

5. Jika penyebab kebakaran karena konsleting listrik, segera matikan saluran listrik di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: