Referensi 6 PTN di Indonesia yang Memiliki Sekolah Vokasi

Referensi 6 PTN di Indonesia yang Memiliki Sekolah Vokasi

Sekolah Vokasi IPB University.--Instagram @sekolahvokasiipb

RADARLAMPUNG.CO.ID – Program pendidikan vokasi di Indonesia telah melewati perjalanan panjang yang sudah ada sejak zaman Belanda, yakni ketika pemerintah kolonial menerapkan kebijakan politik etis.

Meski arah pendidikan dari kebijakan yang dibuat untuk kepentingan kolonial Belanda, namun saat itu kaum muda Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Sekolah vokasi dan sarjana memang memiliki perbedaan yang sangat jelas, misalnya jika kalian membutuhkan waktu paling singkat 4 tahun untuk meraih gelar sarjana. Maka di Sekolah vokasi hanya perlu waktu 3 tahun saja untuk bisa mendapatkan gelar diploma atau ahli madya.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, referensi kampus yang menyediakan sekolah vokasi di dalam negeri pun semakin banyak.

BACA JUGA:Masih Bingung Milih Jurusan Apa buat Kuliah? Simak Tips Berikut

Tak hanya di perguruan tinggi negeri saja, namun di perguruan tinggi swasta pun turut menawarkan keunggulan yang menarik dari masing-masing sekolah vokasi.

Dirangkum Radarlampung.co.id dari berbagai sumber pada Minggu, 15 Januari 2023, berikut in merupakan enam rekomendasi sekolah vokasi terbaik di Indonesia, yang bisa dijadikan sebagai referensi pemilihan kampus pada SNPMB 2023:

1. Universitas Gadjah Mada

Sekolah vokasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) rupanya menjadi salah satu dari 18 fakultas di kampus tersebut, sebagai upaya menyelenggarakan program pendidikan sarjana terapan.

Hal paling menarik dan menjadi ciri khas sekolah vokasi UGM adalah dorongan yang dilakukan terhadap mahasiswanya untuk membuat suatu produk yang nyata sehingga dapat dipatenkan.

BACA JUGA:Ada yang Dari Sumatera, Ini Daftar 10 Universitas dengan Jumlah Program Studi Terbanyak di Indonesia

2. Universitas Sebelas Maret

Sekolah vokasi yang ada di Universitas Sebelas Maret memiliki 24 program studi diantaranya 22 prodi D3 dan 2 prodi D4.

Menerapkan kurikulum praktik minimal 50% dan maksimal teori 40%, sekolah vokasi UNS memiliki program kuliah magang industri yang diampu oleh tim pengajar yang merupakan gabungan antara dosen dan praktisi serta desain kuliah yang berbasis proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: