Masih Bingung Milih Jurusan Apa buat Kuliah? Simak Tips Berikut

Masih Bingung Milih Jurusan Apa buat Kuliah? Simak Tips Berikut

Ilustrasi Perkuliahan.-Pixabay-

BACA JUGA:Sobekan Lead

3. Pelajari Jurusan Pilihan

Selain pentingnya memiliki cita-cita masa depan serta meningkatkan self awareness, kalian juga perlu mempelajari terlebih dahulu tentang jurusan kuliah yang ingin diambil.

Mempelajari jurusan pilihan untuk didaftarkan pada SNBP ataupun SNBT nanti, kalian bisa melakukannya dengan bertanya kepada kakak kelas di sekolahmu dulu tentang jurusan yang kalian inginkan untuk dipelajari lebih dalam di bangku perkuliahan nanti.

Tanyakanlah materi apa saja yang nantinya akan dipelajari serta suka duka menjadi seorang mahasiswa pada jurusan yang akan kalian ambil itu, sehingga kalian bisa menilai apakah jurusan tersebut memang layak sesuai dengan kemampuan kalian atau tidak.

4. Perhatikan Peluang Kerja

Saat menentukan pilihan jurusan apa yang akan kalian ambil di bangku perkuliahan, kalian juga wajib menentukan ingin menjadi apa setelah selesai menempuh pembelajaran di bangku pendidikan tinggi.

Selain perlu mempertimbangkan jurusan kuliah dengan baik, kalian juga sangat perlu mempertimbangkan peluang kerja dari jurusan yang kamu pilih nanti.

BACA JUGA:Jadi Gubernur Terkaya di Sumatera, Kekayaan Terbesar Herman Deru Dari Ini

Berbagai macam cita-cita memang pasti dimiliki oleh setiap calon mahasiswa baru, namun ada baiknya jika kalian tetap realistis agar bisa bertahan di dunia kerja yang akan kalian hadapi di masa depan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: