Kunjungi Lampung Barat, Gubernur Arinal Tekankan Optimalisasi Perkebunan Kopi Masyarakat

Kunjungi Lampung Barat, Gubernur Arinal Tekankan Optimalisasi Perkebunan Kopi Masyarakat

Silaturahmi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dengan Forkopimda Lampung Barat di Sekolah Kopi, Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumber Jaya, Selasa 24 Januari 2023. FOTO RINTO ARIUS/RADARLAMPUNG.CO.ID --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan perhatian terhadap pembangunan di Lampung Barat. 

Salah satunya penguatan ekonomi rakyat dengan mengoptimalkan perkebunan kopi masyarakat.

Baik melalui diversifikasi intercroping maupun crop livestock ternak kambing dengan kopi guna meningkatkan pendapatan petani. 

Di mana, PDRB per kapita Lampung Barat saat ini terendah di Provinsi Lampung. Yaitu 24 juta per tahun per jiwa. 

BACA JUGA: Dear Rektor Baru Unila, Ada Pesan dari Karomani

”Juga hilirisasi hortikultura seperti cabe dan tomat yang saat panen harga jual jatuh, dilakukan program hilirisasi terhadap produksi hortikultura," kata Arinal Djunaidi saat silaturahmi dengan Forkopimda Lampung Barat di Sekolah Kopi, Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumber Jaya, Selasa 24 Januari 2023. 

Menurut Arinal, guna mendukung akses perekonomian di Lampung Barat 2023, Pemprov Lampung akan membangun dan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi.

"Pembangunan ruas Pekon Balak-Suoh, Suoh-Sp. Blok 9, Sp. Trimulyo-Bungin-SP Tugu Sari dan pemeliharaan  jalan Liwa-Batas Sumatera Selatan," urainya.

Sementara Penjabat (Pj.) Bupati Lampung Barat Nukman berharap momentum tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperkuat sinergitas antara pemkab dengan pemerintah provinsi dalam mendukung pembangunan di Lampung. 

BACA JUGA: Kesempatan Beasiswa ke China Dari PBNU, Simak Syarat dan Cara Pendaftaran

Menurut Nukman, sejauh ini Pemkab Lampung Barat sudah mendukung penuh program pembangunan di Lampung.

Di antaranya dapat dilihat dari tema pembangunan Lampung Barat tahun 2023. Yakni penguatan ekonomi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur publik.

Pj. Bupati berharap agar Pemprov Lampung terus memberikan dukungan terhadap pembangunan di Lampung Barat. 

Sebab, dukungan Pemprov Lampung sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan di kabupaten itu. 

Sumber: