10 Danau Terindah dan Terluas di Indonesia, Lampung Masuk Nomor Berapa?

10 Danau Terindah dan Terluas di Indonesia, Lampung Masuk Nomor Berapa?

Keindahan Alam yang Mempesona,10 Danau Terindah dan Terluas di Indonesia. Foto Instagram Danau Toba--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Danau adalah cekungan besar berisi badan air yang dikelilingi oleh daratan dan dipisahkan oleh lautan. Danau memiliki fungsi utama pendukung ekosistem perairan. Kekayaan dengan alam yang melimpah, Indonesia dipenuhi dengan danau-danau yang sangat indah. 

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup, Indonesia memiliki 1.575 danau, 840 di antaranya danau besar dan 735 sisanya danau kecil.

Tidak hanya indah saja, sejumlah danau di Indonesia berukuran sangat luas. Berikut 10 Danau Terindah Dan Terluas Yang Ada Di Indonesia.

1. Danau Toba

Danau Toba menempati peringkat pertama danau yang terluas dj Indonesia hingga saat ini. Adapun danau yang terkenal di Sumatera Utara yang memiliki luas 1.130 kilometer persegi (km2). Kedalaman nya sejauh 505 meter. 

BACA JUGA:Berikut 5 Peninggalan Bersejarah di Pulau Sumatera, No. 4 Ada di Lampung Loh

Danau vulkanik terbesar di dunia. Luasnya Danau Toba berbatasan langsung dengan 7 kabupaten yang berbeda-beda di sumatera utara. Ketujuh kabupaten tersebut yaitu Toba Samosir, Samosir, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara.

2. Danau Towuti

Danau Towuti menempati danau terluas peringkat kedua yang terletak Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau Towuti memiliki luas sebesar 561 km2. Kedalaman maksimal Danau Towuti sedalam 203 meter.

3. Danau Tempe 

Danau Tempe menempati peringkat ketiga yang terletak di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan memiliki luas 350 km2 dan memiliki kedalaman 5 meter.

4. Danau Poso

Danau poso menempati peringkat keempat yang terletak di Sulawesi Tengah memiliki luas 323 km2 dan memiliki kedalaman maksimal sejauh 450 meter. Danau Poso memiliki pasir yang berwarna kuning ke emasan yang berada di ketinggian 657 mdpl.

BACA JUGA:Segera Daftar! BPJS Ketenagakerjaan Buka Loker untuk Tiga Posisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: