10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Salah Satunya di Sumatera

10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Salah Satunya di Sumatera

10 Daftar Perguruan Tinggi Tertua--instagram @ugm.yogyakarta

RADARLAMPUNG.CO.ID - Perguruan tinggi di Indonesia yang sudah berdiri sejak zaman kolonialisme, kampus tersebut juga menjadi salah satu bentuk politik etis dari pemerintah Belanda untuk kaum pribumi kala itu.

Sejarah mencatat Pendidikan tinggi di Indonesia sudah ada sejak tahun 1949, simak penjelasan berikut untuk mengtahui kampus tertua yang ada di Indonesia.

1.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Pertama, Universitas Gadjah Mada yang sudah didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia di Yogjakarta sejak tahun 1949 pada tanggal 19 Desember.

BACA JUGA:Fasilitas Olahraga di UIN Raden Intan Lampung, Bisa Kalian Datangi

Kala itu, di UGM hanya memiliki fakultas kedokteran, hukum, Teknik, kedokteran hewan, sastra, filsafat dan juga filsafat.

Berbeda jauh saat ini Universitas Gadjah Mada memiliki program studi hingga 265 dan jumlah fakultas mencapai 18.

Universitas Gadjah Mada juga memiliki satu sekolah Vokasi dengan 91 program studi lho, kampus UGM pun terbilang luas 183,36 hektar.

BACA JUGA:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 46 47 49 Dalam Buku Tematik Pembelajaran 6 Subtema 1 untuk SD atau MI

2.Universitas Indonesia (UI)

Kedua, Universitas Indonesia yang sudah dibangun sejak tahun 1849 dulu nama kampus ini adalah Universitiet Van Indonesia yang kini menjadi Universitas Indonesia mulai digunakan mulai pada tahun 1950.

UI memiliki 291pilihan  program studi, UI juga kini menjadi Universitas terbaik di Indonesia sehingga banyak sekali peminat untuk masuk ke Universitas ini.

Universitas yang memiliki luas kampus mencapai 320 hektar, 25% lahanya digunakan untuk sarana akademik dan juga sebagai riset kemahasiswaan.

BACA JUGA:Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 238 Terkait Latihan 4.3 Tentang Kesebangunan Bangun Datar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diolah dari berbagai sumber