Iklan Bos Aca Header Detail

Korem 043/Garuda Hitam Diwacanakan Menjadi Kodam

Korem 043/Garuda Hitam Diwacanakan Menjadi Kodam

Korem 043/Garuda Hitam akan menjadi Markas Komando Daerah Militer (Kodam). Hal ini disampaikan Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Prasetyo dalam coffee morning dengan insan pers di Aula Sudirman, Rabu, 15 Februari 2023. FOTO ANGGI RHAISA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Korem 043/Garuda Hitam dikabarkan akan menjadi Markas Komando Daerah Militer (Kodam).

Diwacanakannya Korem 043/Gatam menjadi Kodam itu dijelaskan oleh Kasrem Kolonel Inf. Prasetyo.

"TNI Angkatan Darat berencana melengkapi Markas Komando Daerah Militer (Kodam) di setiap provinsi," kata Kolonel Inf. Prasetyo dalam coffee morning dengan insan pers, Rabu 15 Februari 2023. 

Kolonel Inf Prasetyo pun menyampaikan Kodam Sriwijaya menaungi wilayah pertahanan sejumlah provinsi, yakni Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung dimana Tiga Provinsi yakni Lampung, Bengkulu dan Jambi akan ditingkatkan level Kodam.

BACA JUGA:Tanggap Bencana Banjir Ijen Bondowoso, BRI salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak

"Informasi dari Kasad menyampaikan bahwa Lampung, Bengkulu dan Jambi akan dibangun Kodam," jelasnya.

Lebih lanjut Kolonel Inf Prasetyo menyampaikan jika persyaratan naik level dari Korem 043/Gatam menjadi Kodam untuk sementara lokasi Kodam tetap di Korem.

"Apabila tempatnya akan dipindahkan atau tetap disini kantornya kita liat kedepannya. Semua ini masih diajukan oleh pimpinan TNI AD ke Pemerintah dalam hal melalui menteri Pertahanan RI," jelasnya.

Lebih rinci, Kasrem Kolonel Inf Prasetyo menyampaikan bahwa 15 kabupaten/kota se-Lampung saat ini telah memiliki 9 Kodim.

BACA JUGA:Dihadapan KemenPUPR, Pj Bupati Sampaikan Ini Terkait Infrastruktur di Mesuji

"Rencana akan bertambah 1 kodim diwilayah Lampung Tengah. Apabila Korem menjadi Kodam maka nantinya tidak ada korem di Lampung namun Kodim langsung berkoodinasi dengan Kodam," ujarnya.

Selain itu, perubahan level dari Korem 043/Gatam menjadi Kodam salah satunya syarat yakni luas wilayah, kepadatan penduduk, dan lainnya. 

Kasrem Kolonel Inf. Prasetyo juga menegaskan apabila Korem 043/Gatam sudah menjadi Kodam artinya menginduk ke Kodam II Sriwajaya di Palembang.

"Jadi Dari Kodam di Lampung langsung menginduk ke Pusat (Mabes TNI AD)," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: