Terlibat Curanmor, Oknum Polisi Bertugas di Polres Lamtim Terancam PTDH

Terlibat Curanmor, Oknum Polisi Bertugas di Polres Lamtim Terancam PTDH

Dua bukti Laporan Kepolisian kehilangan motor pada Rabu 15 Februari 2023 dini hari dimana dugaan pelaku adalah oknum polisi Polsek Jabung, Polres Lampung Timur// Foto Kolase Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID -- Bripka RAM, Oknum Polisi Polsek Jabung, Polres Lampung Timur (Lamtim) diduga terlibat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dua unit sepeda motor yang berada didepan kamar indekos di jalan Bumi Manti 4, Kampung Baru, Kedaton, Bandar Lampung, Rabu dinihari, 15 Februari 2023 terancam Pemberhentian Tidak Dengan Hormat  (PTDH) jika terbukti bersalah. 

Wakapolres Lampung Timur, Kompol Sugandhi Satria Nugraha membenarkan oknum polisi tersebut berdinas di wilayah hukumnya.  Dan saat ini sudah diamankan di Polsek Kedaton mempertanggung jawabkan perbuatannya.

"Kalau anggota Lampung Timur benar (pelaku) berdinas di Polsek Jabung, Polres Lampung Timur, dia anggota aktif," jelas Gandhi pada hari Kamis,16 Februari 2023.

Lebih rinci, Gandhi menyampaikan bahwa oknum polisi Polsek Jabung  Polres Lamtim tersebut bakal dilakukan Pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) namun sebelumnya akan menjalani pidana umum dan kode etik profesi PTDH.

"Jika terbukti oknum tersebut akan menjalani pidana umum dan kode etik profesi polri. Sanksi terberat PTDH," kata dia.

Peristiwa pencurian motor tersebut awalnya diketahui korban Kia Trio Saputra (19) saat menjelang subuh. Dan kaget melihat sepeda motornya raib di area parkir kamar indekos. Korban kemudian meminta pertolongan warga dan penghuni kamar indekos lainnya.

Menurut salah satu warga Angga mengatakan, peristiwa pencurian sepeda motor itu menghebohkan warga dan penghuni kamar indekos. 

Pasalnya para pelaku yang berhasil membawa kabur sepeda motor korban, justru sepeda motor dan tas terduga pelaku tertinggal di lokasi kejadian.

"Awalnya kami tidak curiga dengan sepeda motor honda beat berwarna putih biru dan tas berwarna coklat itu. Tapi pas kami buka, tas itu berisi perlengkapan dinas milik kepolisian," jelas dia.

Penemuan sepeda motor jenis matic dan tas berukuran sedang itu dibongkar dan mendapati atribut kepolisian seperti pakaian dinas, kartu anggota, tiga buah topi polisi, serta sejumlah surat dokumen kepolisian. Pakaian kepolisian itu bertuliskan nama oknum polisi Polsek Jabung berinisial Bripka RAM.

"Sepeda motor dan barang-barang kepolisian itu sudah diserahkan kepada polisi. Sepertinya itu punya terduga pelaku yang tertinggal," ujarnya.

Menurut Angga, saat korban telah membuat laporan kehilangan di Polsek Kedaton, tiba tiba datang seorang pria yang mengaku pemilik sepeda motor dan tas berisi atribut perlengkapan kepolisian tersebut.

Warga yang curiga, tak semerta-merta percaya kepada pria tersebut. Setelah lama berbincang pria tersebut melarikan diri karena masa yang terus bertambah.

"Dia mengaku pemilik sepeda motor dan tas itu. Tapi pas kami tanya lebih detail, dia malah kabur melarikan diri. Ya kami curiga dia komplotan pelaku curanmor tersebut," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: