Hujan Deras, Jembatan Antar Desa Putus

Hujan Deras, Jembatan Antar Desa Putus

Akses Jalan jembatan penghubung desa putus akibat hujan lebat membuat aliran sungai meluap--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Jembatan Way Petanggis berada di Desa Tanah Abang Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Putus. Akibatnya, akses jalan jembatan di wilayah itu lumpuh.

Putusnya jembatan tersebut, lantaran identitas curah hujan yang cukup tinggi, membuat aliran sungai yang ada di wilayahnya meluap hingga menggerus pondasi jembatan,  Minggu 19 Februari 2023.

Efendi Yusuf (48) salah seorang warga setempat mengatakan, curah hujan cukup tinggi membuat air debit air tinggi. Selain itu, terdapat tumpukan sampah yang berada di bawah jembatan membuat aliran sungai semakin tinggi, hingga menggerus cor beton berada di bahu jembatan ambruk.

"Warga sekitar mengetahui jembatan putus pagi tadi. Sampai saat ini akses jalan jembatan tidak bisa di lalui kendaraan roda dua maupun empat," kata dia.

BACA JUGA:Dua Pemuda Bandar Ganja Diringkus Polisi

Sementara, Camat Bungamayang, Hipni saat dikonfirmasi mengatakan, jembatan sepanjang 15 meter tersebut putus diakibat dari hujan yang cukup deras di wilayah kecamatan Bungamayang.

Dijelaskan Hipni, Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung dusun 1 dan dusun 2, selain itu juga jembatan tersebut juga penghubung antara desa Tanah Abang dan Desa Negara Tulang Bawang, Kabupaten Lampura.

”Untuk saat ini, jembatan tersebut tidak bisa dilalui. Untuk sementara jembatan tersebut kita tutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Camat Bungamayang, Hipni.

Curah hujan yang cukup tinggi, lanjutnya, selain jembatan terdapa dua rumah warga yang hancur akibat luapan air sungai. Kepada masyarakat yang tinggal didekat jembatan, Dirinya menghimbau agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman.

BACA JUGA:Kawanan Pencuri Gondol Dinamo Radiator, Tidak Disangka Ini Pelakunya

”Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, Namun dari peristiwa hewan ternak berupa 2 ekor kambing, dan puluhan no unggas hanyut terbawa arus Sungai” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Bunga Mayang, IPDA Adeka Putra mengatakan akibat peristiwa tersebut jembatan penghubung antar dusun dan dua desa tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain itu terdapat dua rumah warga mengalami kerusakan yang diduga diakibatkan tertiup angin yang disertai dengan hujan deras.

"Akibat putusnya jembatan penghubung tersebut, membuat warga yang ingin melintas harus memutar melewati Desa Negara Tulang Bawang,” ujar Kapolsek.

"Adapun pemilik rumah warga yang rusak, yakni rumah Timan RT 02, RK 1 Desa Tanah Abang Kecamatan Bungamayang dan rumah Muhadi RT 02, RK 1 Desa Tanah Abang Kecamatan Bungamayang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: