Pemkot Metro Terima Penghargaan Perilaku Hidup Bersih

Pemkot Metro Terima Penghargaan Perilaku Hidup Bersih

Foto Protokol Setda Kota Metro Wali Kota Metro menerima sertifikat bebas penyakit frambusia--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kota Metro menjadi salah satu daerah yang dipastikan bebas dari penyakit Frambusia. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan diterimanya sertifikat bebas frambusia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam rangka peringatan Hari Neglected Tropical Disease (NTDs) sedunia. 

Penyakit Frambusia merupakan suatu infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang, dan sendi, dan menular. Infeksi ini biasanya banyak terjadi di negara wilayah tropis yang memiliki sanitasi buruk. Penyakit ini sering menyerang anak-anak di usia kurang dari 15 tahun. 

Dengan diterimanya sertifikat bebas penyakit frambusia, membuktikan masyarakat Kota Metro terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara konsisten.

Wali Kota Metro Wahdi mengatakan, label bebas penyakit frambusia tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerja sama pemerintah dengan seluruh stake holder untuk membasmi penyakit tersebut di Bumi Sai Wawai.

BACA JUGA:Modal Pisau Dapur, Dua Perempuan Satroni BRILink, Mau Merampok, Tapi...

"Prestasi ini harus dipertahankan. Kita sudah berkomitmen, bahwa kedepannya tidak akan ada penyakit Frambusia di Bumi Sai Wawai," ujarnya.

Dikatakannya, untuk terus konsisten menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pihaknya selalu berupaya untuk memenuhi sarana dan prasarana untuk hidup bersih dan sehat di Kota Metro. Seperti adanya peningkatan kualitas sanitasi.

"Karena kesehatan ini merupakan hak dasar masyarakat. Pemerintah harus menyediakan sarana dan prasarananya. Karena itu, kita Pemkot Metro terus berupaya untuk dapat meningkatkan kualitas sanitasi," katanya. 

Pihaknya juga tak henti mengajak masyarakat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara konsisten, dan terus menerus.

BACA JUGA:Disperindag Catat Ada 14 Perusahaan Yang Kirim Minyak Goreng Curah ke Lampung

"Agar tidak penyakit ini di Kota Metro, diperlukan juga peran masyarakat. Dinas terkait seperti Dinas Kesehatan akan terus memberikan edukasi betapa pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ini," tandasnya.

Untuk diketahui, penyerahan sertifikat dilakukan langsung oleh Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin kepada Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa 21 Februari 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: