Disdukcapil Jemput Bola untuk Aktivasi dan Sosialisasi IKD

Disdukcapil Jemput Bola untuk Aktivasi dan Sosialisasi IKD

Pelayanan kependudukan Disdukcapil Kota Metro. Foto Ruri --

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota METRO targetkan 35 ribuan penduduk Bumi Sai Wawai memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD) tahun 2023.

Hal tersebut untuk mendukung tercapainya target Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) yang menentukan 50 juta penduduk Indonesia memiliki IKD atau sekitar 25 persen dari penduduk Indonesia di tahun 2023.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro Maria Fitri Jayasinga melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data Syaripuddin menjelaskan, untuk mendukung target nasional tersebut, pihaknya melakukan jemput bola ke masyarakat. Antara lain ke sekolah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kelurahan, dan lokasi lainnya.

"Dari Januari kita intens lakukan sosialisasi. Hingga saat ini sudah ada sekitar 4 ribuan warga Metro yang memiliki IKD. Karena tak hanya ASN saja, tetapi juga lapisan masyarakat umum," kata dia, Jumat 24 Februari 2023.

BACA JUGA:Kabar Gembira, 30 CJA Asal Mesuji Terverifikasi untuk Berangkat di Tahun 2023

Dikatakan Syaripuddin, saat sosialisasi IKD di masyarakat, warga yang KTPnya sudah rusak, atau hilang, diarahkan untuk mengaktivasi IKD tersebut. Namun, untuk warga yang memasuki usia 17 tahun, atau baru membuat KTP, akan tetap dibuatkan KTP fisik sekaligus dibuatkan IKD.

"Jadi mereka punya dua, IKD dan e- KTP. Secara perlahan, kita imbau masyarakat untuk beralih ke IKD," imbuhnya.

Sementara, bagi warga yang tidak memiliki smartphone android, maupun warga yang sudah sepuh, pihaknya masih tetap akan mencetak E-KTP secara fisik.

"Disdukcapil tetap memberikan pelayanan pembuatan identitas digital ini secara bertahap. Yang belum punya handphone, atau warga yang sudah sepuh, tetap kita layani dengan bentuk fisik dan pelayanan manual," jelasnya.

BACA JUGA:Satresnarkoba Polres Tanggamus Tangkap Enam Tersangka dan BB Puluhan Paket Ganja

Untuk dapat memiliki IKD, Syaripuddin menuturkan, warga yang sudah pernah melakukan perekaman E-KTP. Lalu siapkan Nomor Induk Kependudukan, memiliki smartphone android, email aktif, dan nomor handphone.

Dalam IKD tersebut, akan langsung ditampilkan Kartu Keluarga (KK), NPWP, Kepemilikan Kendaraan, data Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan kartu vaksinasi Covid-19.

"Aplikasi ini terus diperbaharui untuk memaksimalkan penggunaannya," tukasnya.

Ia menambahkan, untuk blanko e-KTP masih tersedia di Disdukcapil Kota Metro. Namun, pencetakan e-KTP diprioritaskan bagi warga pemula atau warga yang baru membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: