Jadi Jantung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, PLN Tegaskan Pasokan Listrik Cukup dan Andal

Jadi Jantung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, PLN Tegaskan Pasokan Listrik Cukup dan Andal

FOTO PT PLN--

JAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.ID - PT PLN (Persero) terus mendukung upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional lewat pemanfaatan energi domestik secara maksimal dan mengurangi ketergantungan impor energi. 

Terkait ini, PLN memastikan pasokan listrik cukup dan andal. Hal tersebut juga dukungan upaya memperkuat ketahanan energi nasional.

Menurut Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto, pemerintah terus mendorong program ketahanan energi nasional. 

Sejumlah program yang bakal diakselerasi adalah mengurangi impor liquefied petroleum gas (LPG) dan minyak mentah.

BACA JUGA: LPPM Unila-Bakrie Foundation Kerjasama Tangani Penyakit TBC di Lampung

Kemudian mendorong penggunaan kompor listrik bagi masyarakat kelas menengah ke atas (electrifying lifestyle) serta peralihan dari kendaraan BBM ke listrik.

Djoko menyatakan, saat ini kondisi kelistrikan paling aman. Oleh karena itu pemerintah mendorong shifting dari energi yang berbasis impor ke listrik. 

"Seperti mendorong masyarakat kelas menengah ke atas untuk menggunakan kompor listrik dan mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik," palar Djoko dalam Energy & Mining Outlook 2023, Kamis 23 Februari 2023. 

Melalui peralihan kompor listrik, keandalan listrik dalam negeri PLN saat ini bakal lebih maksimal dimanfaatkan. Ketergantungan atas impor LPG juga dapat ditekan. 

BACA JUGA: Kawanan Rampok Bersenpi Beraksi, Aniaya Korban dan Bawa Kabur Uang Puluhan Juta

"Memang, dari segi ketahanan, listrik aman. Tapi kita belum masuk dalam tahap ketahanan energi. Karena kita masih ada komoditi impor itu tadi, minyak mentah, LPG dan bensin," tegas Djoko.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan listrik PLN sangat siap memenuhi kebutuhan seluruh sektor. Baik rumah tangga, bisnis sampai industri.

Darmawan menyatakan, PLN menyadari listrik adalah jantung dari gerak roda ekonomi nasional.

Untuk itu PLN berkomitmen siap mencukupi kebutuhan listrik untuk seluruh pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: