Komisi 4 DPR RI dan Kementerian Pertanian Bimtek ke Pringsewu

Komisi 4 DPR RI dan Kementerian Pertanian Bimtek ke Pringsewu

bimbingan teknis manajemen peternakan dan kesehatan hewan akselerasi peningkatan produktifitas ternak pasca penyakit mulut dan kuku (PMK) Oleh Direktorat pembibitan dan produksi ternak dirjen peternakan dan kesehatan hewan kementrian pertanian RI kerja b--

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Para peternak yang ada di Kabupaten Pringsewu, mendapat bimbingan teknis (Bimtek) manajemen peternakan dan kesehatan hewan akselerasi peningkatan produktifitas ternak pasca penyakit mulut dan kuku (PMK.).

Bimtek tersebut, di gelar oleh Direktorat pembibitan dan produksi ternak dirjen peternakan dan kesehatan hewan kementrian pertanian RI bekerjasama dengan komisi 4 DPR RI.

Lokasinya, bertempat di komunitas Boemiku Hijau, Pekon Adiluwih kecamatan Adiluwih kabupaten Pringsewu.

Pada acara tersebut juga di serahkan bantuan alat mesin pertanian termasuk permodalan untuk kelompok wanita tani (KWT) dan kelompok tani.

BACA JUGA:HUT Ke-25 Kementerian BUMN Sertakan Pelaku UMK, PLN Dukung BUMN Kembangkan Potensi UMK Lewat Jalan Sehat

Direktorat pembibitan dan produksi ternak dirjen peternakan dan kesehatan hewan kementrian pertanian RI, Agung Suganda mengatakan, pertemuan ini (bimtek) merupakan salah satu upaya untuk menyatukan pemahaman terkait dengan bagaimana manajemen peternakan yang lebih baik lagi.

"Tadi juga sudah disinggung keperluan kita melakukan vaksinasi, penandaan pada ternak. Dan semua tentu diharapkan dari pertemuan ini ada manfaat yang dirasakan oleh para peternak," ungkapnya.

Agung berharap agar peternak tetap waspada dengan adanya penyakit mulut dan kuku pada hewan. Sebab, saat ini, sudah ada vaksinnya.

"Kita semua tahu bapak ibu semua tadi bukannya juga sudah menyampaikan bahwa dunia peternakan kita saat ini masih menghadapi wabah penyakit mulut dan kuku. Itu bisa sampai 2 tahun dan pada saat ternaknya kondisinya menurun maka virusnya akan muncul dan muncul lagi," katanya.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Ikuti Cara Ini untuk Mengecilkan Ukuran Video

"Saya keliling juga dengan Bu Kadis provinsi dan bu kadis pertanian Pringsewu untuk langsung menyaksikan bagaimana pemasangan anting ternak. Termasuk juga saya cek berapa kali vaksinnya ternyata di sini sudah rata-rata di vaksin 3 kali. Jadi vaksin pertama sebulan kemudian vaksin kedua dan dilakukan booster untuk pmk-nya insyaallah untuk Pringsewu khususnya karena statusnya hijau," sambungnya.

Sementara, Ketua Komisi 4 DPR RI, Sudin SE mengapresiasi positif bimtek untuk peternak tersebut. Wakil rakyat yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Lampung itu  mengaku prihatin akan adanya PMK yang menyerang ternak.

"Saya hampir tiap hari menerima kabar ada peternak yang ternaknya kena PMK. Saya berpesan agar peternak memelihara kebersihan jandan dan hewan ternaknya," Kata Sudin.

Khusus untuk bantuan yang di berikan, lanjut Sudin, dirinya mewanti-wanti untuk merawatnya. Sedangkan untuk bantuan berupa uang agar di manfaatkan dengan ketentuan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: