Soal Penerimaan Mahasiswa Baru 2023, Unila Konsultasi ke KPK

Soal Penerimaan Mahasiswa Baru 2023, Unila Konsultasi ke KPK

Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani dan tim saat mengunjungi gedung KPK di Jakarta, Jumat, 3 Maret 2023. FOTO ISTIMEWA --

BACA JUGA: Segini Kuota PMB Unila 2023, Rektor Jamin Transparan dan Bersih

”Untuk mahasiswa, kita berikan satu SKS pembelajaran tentang anti korupsi, dan membuka konsultasi secara transparan kepada masyarakat. Kita akan sungguh-sungguh mengawal PMB sesuai aturan," tegas Prof. Lusmeilia Afriani. 

Sebelumnya Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2023 bakal berjalan bersih tanpa korupsi didalamnya.

Pendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 meningkat 18 persen, mencapai 25 ribu pendaftar. Sedangkan tahun lalu sejumlah 21 ribu pendaftar.

"Mengapa masih diminati? Artinya kepeminatan lebih tinggi dan keketatan yang tinggi. Maka mahasiswa yang masuk berkualitas,” kata Prof. Lusmeilia Afriani.

BACA JUGA: Resmi Dilantik, Rektor Unila Beri Arahan Khusus untuk Wakil Rektor II dan III

Dilanjutkan, ke depan Unila bakal menjadi center of excellence pada tingkat nasional dan internasional. Berinterigritas serta bebas korupsi. 

”Kita akan sungguh-sungguh mengawal PMB ini dengan bersih sesuai aturan," tegasnya. 

Humas PMB Unila Fitra Dharma menambahkan, dari total 25 ribu pendaftar jalur SNBP, sekitar dua ribu yang akan diterima.

"Dari jumlah itu, hanya 2.407 orang yang akan lolos," sebut Fitra Dharma, Rabu 1 Maret 2023.

BACA JUGA: Wujudkan Lampung yang Lebih Baik, Rektor Unila dan Gubernur Lampung Saling Bersinergi

Sementara, Wakil Rektor I Dr. Suripto Dwi Yuwono mengatakan, Unila hanya dapat melihat total pendaftar yang diterima. 

"Kalau untuk jumlah dari Lampung berapa dan luar Lampung, itu tidak ada. Tidak terlihat. Yang bisa kita lihat cuma jumlahnya saja," ujarnya. 

Diketahui, pembukaan penerimaan mahasiswa baru secara resmi ditandai dengan scan telapak tangan Rektor Prof. Lusmeilia Afriani, di GSG Unila Senin 20 Februari 2023 lalu. 

Saat menyampaikan sambutan, Rektor Prof. Lusmeilia Afriani mengungkapkan, penerimaan mahasiswa 2023 menindaklanjuti Permendikbud Ristek Nomor 48/2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: