Tahun 2024, Tubaba Akan Fokus Penguatan SDM dan Ekonomi

Tahun 2024, Tubaba Akan Fokus Penguatan SDM dan Ekonomi

Musrenbang RKPD Tahun 2023 Pemkab Tubaba. Foto Dok--

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tahun 2024 yang akan datang, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (TUBABA) Lampung, berfokus pada peningkatan ekonomi masyarakat dan penguatan sumber daya manusia (SDM).

Meski demikian bidang-bidang lainnya juga tetap menjadi perhatian penting pemerintah kabupaten setempat.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, Tubaba dengan tema Penguatan Ekonomi dan SDM. 

Pj. Bupati Tubaba mengatakan, pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda Tentang RPJPD dan RPJMD Serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Selain itu, Musrenbang tingkat kabupaten ini merupakan lanjutan proses Penyusunan Rancangan RKPD Tubaba Tahun 2024 yang dimulai dari Musrenbang di masing-masing tiyuh yang telah dilaksanakan pada bulan Januari 2023, Forum Konsultasi Publik pada tanggal 19 Januari 2023.

Dilanjutkan dengan Musrenbang di tingkat kecamatan pada tanggal 25 Januari sampai dengan 2 Februari 2023, serta Forum Perangkat Daerah pada tanggal 22 Februari 2023.

Musrenbang pada tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran Tahun ke-2 dari RPD Tubaba periode 2023-2026.

"Oleh karena itu kami membutuhkan dukungan bapak-ibu sekalian dalam upaya bersama-sama membangun kabupaten kita tercinta ini. Berkaitan dengan kondisi saat ini dan perkiraan tahun 2024, marilah kita membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di kabupaten kita ini," kata Dr. Zaidirina, M.Si.

Hal tersebut menjadi dasar dalam penentuan program dan kegiatan, antara lain, produktifitas dan daya saing. Indeks Pembangunan Manusia. Infrastruktur Pelayanan Dasar. Kemiskinan dan Kemiskinan Ekstrim. Prevalensi Stunting. Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan.

Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 Mengacu pada isu strategis di atas dan RPD Kabupaten Tubaba tahun 2023-2026 serta memperhatikan rancangan tema Pembangunan

Nasional dan Provinsi Lampung tahun 2024 dengan menggunakan pendekatan holistik-tematik, integratif, dan spasial.

Fokus pembangunan pada tahun 2024 diarahkan pada, pengembangan SDM berkarakter dan peningkatan kualitas pelayanan. Meningkatkan perekonomian dan nilai tambah. Pengembangan Infrastruktur. Reformasi Birokrasi. Menigkatkan Kehidupan Masyarakat yang Religius, Aman, Berbudaya dan demokratis.

Kemudian, sasaran indikator makro dari penyusunan RKPD 2024 ini adalah Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sebesar 4,5 - 5.5. Inflasi 3 ± 1 perse . Tingkat Kemiskinan sebesar 7,34 persen. Indek Pembangunan Manusia (IPM) 67,23. Pendapatan Perkapita pertahun penduduk : Rp 46 - 47 juta. Indeks Gini 0.216 - 0,285. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 3,13. Tingkat Pemantapan Jalan 48,5. Pertumbuhan PAD 6,75. Nilai Tukar Petani 105.

Sementara itu Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Bapeda Provinsi Lampung, Ir. Mulyadi Ihsan, MT mengatakan, Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tubaba merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan dengan pendekatan bottom up yaitu dengan menjaring seluruh aspirasi dan keinginan masyarakat. Hal ini membuktikan komitmen seluruh jajaran Tubaba untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam tahapan perencanaan pembangunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: