Banjir di Lamtim Surut, Bantuan Mulai Berdatangan

Banjir di Lamtim Surut, Bantuan Mulai Berdatangan

Ketua PMI Lamtim Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir. Foto dok Kecamatan Sukadana--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bencana banjir yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Lampung Timur telah surut. 

Kendati demikian, hingga Jumat 10 Maret 2023 sejumlah personil gabungan dari TNI dan Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih tetap bersiaga.

Itu untuk mengantisipasi kemungkinan adanya banjir susulan bila kembali terjadi hujan deras dalam waktu yang lama.

Sebagaimana dilakukan personil gabungan dari Koramil Sukadana dan Satuan Brimob Kompi 2 B Polres Lamtim yang mendirikan Posko Tanggap Bencana di depan Pertokoan Pasar Sukadana Desa Sukadana Pasar Kecamatan Sukadana. 

BACA JUGA:Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kota Agung Ikuti Penyuluhan Hukum

Camat Sukadana Hendra Septiawan menjelaskan, berdasarkan hasil pendataan, bencana banjir yang terjadi di wilayah Sukadana mengakibatkan 174 rumah yang sempat terendam.

Rinciannya, 134 rumah di Desa Pasar Sukadana dan 40 di Desa Rantau Jaya Udik 2. Kemudian, 20 ruko di Pasar Sukadana juga sempat terendam.

“Saat ini air yang sempat merendam wilayah Desa Pasar Sukadana dan Rantau Jaya Udik 2 telah surut,” jelas Hendra Setiawan, Jumat 10 Maret 2023.

Dilanjutkan, guna membantu warga yang terdampak bencana, sejumlah pihak telah menyalurkan bantuan.

BACA JUGA:Usai Antar Nasi Uduk ke Pelanggan, Motor Pria Ini Digasak Pencuri

Antara lain, dari Palang Merah Indonesia (PMI), Kamar Dagang dan Industri serta kalangan pengusaha.

“Bantuan yang disalurkan antara lain berupa sembako dan makanan siap saji,” kata Hendra Septiawan didampingi Kaades Pasar Sukadana Deli Sanjaya.

Kesempatan yang sama Ketua PMI Kabupaten Lamtim Azwar Hadi berharap, bantuan yang disalurkan dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak banjir.

“Kami berharap, masyarakat yang berada di bantaran sungai meningkatkan kewaspadaan bencana banjir. Terutama di saat musim penghujan saat ini. Pemkab akan mengupayakan agar bencana tersebut tidak terulang,” kata Azwar yang juga merupakan Wakil Bupati Lamtim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: