RSPTN Unila Ditargetkan Terbangun Tahun Ini

RSPTN Unila Ditargetkan Terbangun Tahun Ini

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Unila ditargetkan akan dimulai pada pertengahan atau akhir tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Teknologi  Informasi dan Komuminkasi Unila Dr. Ayi Ahadiat kepada Radarlampung.co.id, Minggu, 12 Maret 2023.

"Mohon doanya tahun ini kita akan kejar pembangunannya," katanya.

Kata Ayi, proses menuju pembangunan kini sudah didampingi oleh Kementrian dan pihak Asian Davelopment Bank (ADB) selaku pihak yang memberikan pinjaman dana tersebut senilai Rp 600 miliar.

BACA JUGA:Hujan Deras, Ribuan Hektar Tanaman Singkong Warga Terendam Banjir

"Sekarang mulai dilakukan pendampingan langsung oleh Kementrian dan ADB, jadi ada supervisi dan kemarin juga sudah behasil (mendapatkan) konsultan PMSC atau konsultan pendamping istilahnya. Mudah-mudahan dengan ini benar-benar bisa mengejar projek pembangunan tepat waktu," ungkapnya. 

Saat ditanya kapan kira-kira penepatan waktu pembangunan rumah sakit yang bakal difungsikan sebagai rumah sakit umum, pendidikan dan riset ini? Ayi menjawab tergantung progres yang ada.

"Kalau itu mengikuti progres yang ada, kalau cepat ya tengah tahun atau akhir tahun ini, karena mungkin harus mengejar," ujarnya.

Terkait tender sendiri, Ayi menyebut hal itu belum dimenangkan oleh pihak manapun lantaran masih melakukan proses persetujuan ADB.

BACA JUGA:PLN Siapkan Sistem Terintegrasi Untuk Pelayanan Kendaraan Listrik di Aplikasi PLN Mobile

"Belum, karena kita harus ada persetujuan ADB. Semuanya ada persetujuan mereka dan tidak bisa menentukan kapan pastinya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitkan, lelang konstruksi pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Universitas Lampung akan dimulai awal tahun 2023. Ditargetkan, selesai dibangun akhir tahun 2024 mendatang.

Plt. Rektor Universitas Lampung (Unila) Dr. Mohammad Sofwan Effendi menyatakan, pembangunan rumah sakit masih berjalan. 

”Insya Allah di awal 2023 sudah mulai lelang. Karena target kita, akhir 2024, pembangunan rumah sakit selesai,” kata Plt. Rektor Universitas Lampung (Unila) Dr. Mohammad Sofwan Effendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: