Kepergok Mencuri Ayam, Pria Ini Tewas di Amuk Massa

Kepergok Mencuri Ayam, Pria Ini Tewas di Amuk Massa

Anggota Tim Identifikasi Polres Lampura, saat menggelar olah TKP pencurian ayam yang menewaskan pelakunya oleh massa--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pencuri ayam, tewas diamuk massa di Dusun Bangunrejo, Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Senin 20 Maret 2023.

Informasi berhasil dihimpun, pencuri tersebut kandas lantaran kepergok pemilik ayam yang kandangnya berada, tempat di samping rumahnya.

Akibatnya, aksi pelaku Herliyadi (47) warga Lampura tersebut, menjadi bulan-bulanan warga yang telah geram ulahnya itu.

Aksi pencurian sebelumnya diketahui Hengki Purnama (36) yang tidak lain pemilik ayam mengaku, pagi itu mendengar suara berisik dari kandang ayam yang berada di samping rumahnya. Kemudian ia melihat dari dalam rumah, ada sosok pria yang tak dikenal dan langsung dihampiri menegur pelaku saat itu tengah mengambil ayam miliknya.

BACA JUGA:Waduh, Pengelolaan BUMDes Lampura Dinilai Tak Jelas, Modal Rp 120 juta Sisa Rp 700 ribu

"Pelaku malah mengeluarkan senjata jenis laduk dan mencoba membacok saya. Saat saya tangkis, jari tangan kiri saya yang menyebabkan luka sayatan," ujar Hengki, dihadapan petugas Polres Lampura.

Melihat aksi nekat pelaku, lanjut Hengki, kemudian melakukan perlawanan dan berteriak meminta pertolongan warga. Tidak lama kemudian, warga yang hendak pulang ronda datang dan mendatangi korban yang saat itu, masih berada di lokasi.

Sartawi (34) warga sekitar menerangkan, sepulang dari ronda ada warga yang berteriak maling dan tak lama kemudian banyak warga datang berkumpul. 

"Ada orang berteriak maling, kami melihat korban Hengki sudah mengalami luka bacok di tangan kirinya. Kami langsung menangkap pelaku, namun massa yang geram karena sering terjadi pencurian, akhirnya menghakimi pelaku," terang Sartawi.

BACA JUGA:Wakil TP PKK Lampura Bantu Warga Terdampak Banjir

Sementara itu, Kapolsek Kotabumi Ipda Sulyadi, membenarkan adanya peristiwa pencurian ayam tersebut. Awalnya pelaku ketahuan oleh korban saat akan mencuri ayam di dalam kandang.

Korban dan pelaku terlibat perkelahian, hingga pelaku terkena sabetan senjata tajam, begitu juga dengan korban. Kemudian warga datang dan menghakimi pelaku. 

"Pelaku dibawa ke Rumah Sakit Umum Ryacudu dan di nyatakan meninggal dunia, setelah sebelumnya mendapatkan pertolongan medis RS setempat," ujarnya. 

Dari tangan pelaku, lanjutnya, Polisi berhasil mengamankan barang bukti 9 ekor ayam, 1 buah sajam, 1 buah rompi merah dan 1 buah dompet berwarna coklat " beber Kapolsek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: