Unila Sumbangkan 126.172 Lulusan

Unila Sumbangkan 126.172 Lulusan

TAMBAH LULUSAN: Unila mewisuda 1.103 lulusan di gedung serbaguna, Sabtu 18 Maret 2023, FOTO PRIMA IMANSYAH P./RADAR LAMPUNG.--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung telah menyumbangkan 126.172 lulusan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia.

Termasuk 1.103 lulusan yang baru diwisuda di gedung serbaguna (GSG) universitas setempat, Sabtu, 18 Maret 2023.

Hal itu disampaikan Rektor Unila Prof. Dr. Lusmeilia Afriani saat menyampaikan amanatnya pada prosesi wisuda tersebut.

"Kepada orang tua, donatur, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia, dan nikmat ini harus disyukuri sebagai bentuk keimanan kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya.

BACA JUGA:Berlaku 1 April 2023, Aturan Baru Asuransi Kematian untuk PNS yang Meninggal, Begini Perhitungannya

Ucapan terima kasih dan penghargaan tinggi, lanjut Lusmeilia, juga disampaikan kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan atas kerja keras dan kerja sama dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa sehingga mereka berhasil menyelesaikan studi dan diwisuda.

Menurutnya, wisuda ini merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status dari mahasiswa menjadi doktor, magister, profesional, sarjana, dan ahli madya.

"Seiring perubahan status ini, berubah pula tanggung jawab Saudara (para lulusan). Yaitu dari memikul tanggung jawab akademik menjadi  tanggung jawab sosial. Saudara memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar. Kalau ipteks yang Saudara kuasai tidak dimanifestasikan ke dalam tindakan sosial, maka nilai dari ipteks tersebut menjadi luntur," tandasnya.

Ipteks, jelasnya, adalah kekuatan intelektual manusia, kekuatan luhur yang diraih oleh manusia. ”Kekuatan ini akan menjadi bernilai tinggi bila digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan kemaslahatan umat manusia,” ingatnya.

BACA JUGA:Penyandang Disabilitas Bisa Dapat Bansos Rp 2,4 Juta, Begini Cara Daftarnya

Lusmeilia pun meminta para wisudawan untuk berbangga sebagai lulusan Unila. Sebaba saat ini, Unila telah meraih berbagai prestasi di bidang akademik.

Seperti peringkat 13 Green Metric 2022, peringkat 13 Webometric Januari 2023, peraih Medali Emas Kategori Kyorugi Pemula Putri U 53 kg, juara 1 Storytelling dalam Event Asian English Olympics 2023.

Kemudian, juara 1 Novice Debate dan 4th Novice Best Speaker dalam Event Asian English Olympics 2023, juara 1 Novice Debate dan 6th Novice Best Speaker dalam Event Asian English Olympics 2023, dan juara tiga Mahasiswa Unila Menerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dari Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lebih lanjut, pihak Unila pun selalu memperbaiki berbagai hal penting. Di antaranya relevansi kurikulum pendidikan dengan pasar kerja dan penguatan pendidikan karakter, manajemen internal, birokrasi, serta suasana pendidikan dan keilmuan di setiap program studi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tri dharma unila