Keren! Mahasiswa UTI Ciptakan Robot Pembersih Lantai Berbasis Smartphone

Keren! Mahasiswa UTI Ciptakan Robot Pembersih Lantai Berbasis Smartphone

Foto UTI : Perwakilan Mahasiswa UTI yang berhasil menciptakan Robot Pembersih Lantai--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kelompok Mahasiswa Strata 1 (S1) Teknik Elektro Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) berhasil mengembangkan inovasi teknologi kendali robot pembersih lantai berbasis Smartphone.

Ya, Robot Pembersih lantai dengan fitur kontrol smartphone ini merupakan solusi cerdas membersihkan lantai.

Kelompok mahasiswa UTI yang berhasil menciptakan robot pembersih yakni Ananda M Fathurahman, Aldi Nurmawan, Ahmad Tri Andani, Dwi Febriani, Siti Fatimah (PMM).

Perwakilan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer  UTI, Ananda M Fathurrahman menyampaikan bahwa robot pembersih diperuntukkan membantu mahasiswa dalam bidang kebersihan, robot ini mampu melakukan  pembersihan lantai secara jarak jauh. 

BACA JUGA:Operasi Cempaka Krakatau 2023, Polsek Talang Padang Sita Miras, Penjualnya Dapat Ini

Yakni, dengan cara dikendalikan oleh smartphone dengan jarak maksimal antara robot dan smartphone sekitar 7 meter.

Lebih rinci, Pria akrab disapa Fathur menyampaikan Robot Pembersih Lantai ini yang dirancang dengan bahan bahan yang ada pada lingkungan sekitar serta menggunakan mikrokontroler untuk sistem kontrol pada robot, sebagai pengendalian. "Ketahanan baterai bertahan hingga satu jam, tergantung dari luasnya lantai yang dibersihkan," tambahnya.

Sementara Aldi Nurmawan menambahkan, bahwa robot pembersih dengan kontrol smartphone ini juga dapat beradaptasi dengan berbagai jenis permukaan lantai, seperti kayu, keramik, atau karpet. 

"Robot ini juga dilengkapi dengan sikat dan penyedot debu yang dapat membersihkan debu dan kotoran dari permukaan lantai, sehingga lantai akan selalu bersih dan terawat," sebutnya.

BACA JUGA:Lagi, Dua Warga Bukitkemuning Diringkus, Polisi Sita Belasan Paket Sabu Siap Edar

Proses penelitian Robot Pembersih Lantai  ini didampingi/dibimbing ole Dosen Pengampu Teknik Elektro, Jaka Persada Sembiring,S.Kom.,M.Cs. Ia berharap kedepannya robot pembersih lantai ini akan dikembangkan dan disempurnakan lagi pada sistem navigasi agar dapat berjalan dengan autonomous dan penambangan sensor sensor navigasi tersebut.

 "Agar lebih aman dan nyaman di dalam lingkungan interaksi dengan manusia dan membantu pekerjaan manusia dibidang lainnya," jelasnya.

Jaka juga menyampaikan Universitas Teknokrat Indonesia Terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Asean  ini terus mendukung mahasiswanya agar mengembangkan inovasi dan teknologi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

"Salah satu teknologi yang semakin populer adalah robot pembersih lantai yang dapat membantu kita membersihkan rumah dengan lebih efisien dan cepat," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: