Media Diharapkan Ciptakan Pemberitaan Positif Bagi Perempuan dan Anak

Media Diharapkan Ciptakan Pemberitaan Positif Bagi Perempuan dan Anak

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung pada Selasa, 28 Maret 2023 menggelar Sosialisasi Media Ramah Perempuan dan Anak Tahun 2023, di Ballroom Hotel Emersia, Bandarlampung.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto membuka langsung kegiatan ini.

Dalam sambutanya mewakili Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Fahrizal mengatakan pentingnya peran media dalam pemberitaan yang positif bagi perempuan dan anak.

"Hal ini karena jumlah perempuan dan anak secara statistik â…” dari jumlah penduduk. Perempuan dan anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi dari pemberitaan negatif agar dapat tumbuh dengan wajar," ujar Fahrizal. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Lampung: Sampai Kapanpun Dasar Negara Kita Pancasila!

"Dan sesuai Undang-Undang Nomor 35/2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23/2002 tentang Perlindungan Anak, Gubernur mengungkapkan bahwa media massa turut serta dalam memberikan perlindungan bagi perempuan dan anak," sambung Fahrizal.

Dia melanjutkan, media memiliki kontribusi dalam pembentukan karakter anak menjadi insan yang baik.

Termasuk menciptakan atmosfir positif melalui tulisan yang bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat dan anak-anak.

Media massa juga memiliki kewajiban untuk melakukan upaya perlindungan bagi perempuan dan anak, salah satunya dengan mewujudkan pemberitaan yang ramah perempuan dan anak. 

BACA JUGA:Oknum Honorer Pemkab Tanggamus Diduga Terlibat Penyalahgunaan Narkoba, Hasil Pemeriksaan Polisi, Ternyata...

"Pemberitaan tentang perempuan dan anak hendaknya tetap memperhatikan hak-hak dan kepentingan terbaik perempuan dan anak serta menghindari dari pelabelan, serta diisi dengan konten-konten yang menghibur tetapi tetap mendidik," katanya.

Hal tersebut sesuai dengan visi Provinsi Lampung, “Rakyat Lampung Berjaya” dan misi Nomor 3, mengembangkan upaya perlindungan anak, memberdayakan perempuan dan kaum difabel serta janji kerja Gubernur Lampung Nomor 21 “Perempuan Berjaya” dan Nomor 26 “Lampung Ramah Perempuan dan Anak”.

"Media sangat berperan untuk membuat masyarakat menjadi lebih cerdas serta membangun optimisme masyarakat dalam kehidupan bernegara," kata Sekdaprov.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman guna meningkatkan komitmen dan sinergi dalam mewujudkan media yang ramah perempuan dan anak, antara Dinas PPPA dengan Perwakilan 8 Organisasi Media dan Wartawan di Provinsi Lampung, diantaranya PWI, AWPI, KWRI, JMSI, IJTI, IWO, AJOI dan IJP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: