Pemkot Metro Lakukan Uji Coba Penyuratan Elektronik

Pemkot Metro Lakukan Uji Coba Penyuratan Elektronik

Ilustrasi tata ruang kota.-Pixabay-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota METRO uji cobakan surat menyurat yang berbasis elektronik.

Hal tersebut dilakukan guna mendorong percepatan pengaplikasian SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dan percepatan Kota Metro menjadi Smart City. 

Kepala Dinas Kominfo Kota Metro, Subehi mengatakan, untuk mempercepat penerapan SPBE, surat menyurat yang berbasis elektronik pun mulai dilakukan. Khususnya di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Metro.

"Iya kita saat ini sedang mencoba surat menyuratnya di beberapa dinas. Kita juga lakukan pendampingan. Kalau untuk tandatangan elektronik, sudah dilakukan bahkan sampai lurah juga," ujarnya.

BACA JUGA:FIFA Batalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20, PSI Sesalkan dan Ini Alasannya

Subehi menjelaskan, meskipun mencoba surat menyurat elektronik yang digital, itu tetap menggunakan birokrasi seperti.pengiriman surat biasa.

"Misalkan, ada surat yang diperuntukkan Walikota, itu tetap harus melalui Sekda dan lain sebagainya," jelasnya.

Dikatakannya, surat menyurat digital tersebut telah berada di aplikasi Portal PNS. Aplikasi tersebut telah tersedia di playstore.

"Aplikasi itu sudah ada di Playstore ya. Kita juga sudah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," imbuhnya.

BACA JUGA:Balap Liar dan C3 Jadi Atensi Polisi Pasca Sahur

Menurutnya, setelah aplikasi tersebut telah siap dipublikasikan, segera akan dilegalitaskan. Sehingga, akan dapat diterapkan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Tentu akan kita legalitaskan berupa payung hukumnya, perwali atau diperdakan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: