Kemenag Siapkan Beasiswa Untuk Guru Madrasah

Kemenag Siapkan Beasiswa Untuk Guru Madrasah

Ilustrasi beasiswa.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementrian Agama (Kemenag) RI melalui Direktora Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mengumumkan finalisasi program beasiswa bagi guru Madrasah tahun 2023 segera selesai.

Ini merupakan program dari  Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerjasama antara Kementerian Agama dengan LPDP. 

Di mana, terdapat beberapa jenis beasiswa yang menyasar seluruh guru madrasah di Indonesia, di antaranya Beasiswa S1 dan S2, Biaya Penyelesaian Pendidikan (BPP) S2, PPG Daljab dan PPG Prajab.

Adapun bagi guru yang belum S1 juga telah dibuka Beasiswa PJJ PAI. 

BACA JUGA:Kader Demokrat Waykanan Titip Perlindungan Hukum ke Pengadilan

"Program-program beasiswa tersebut mempunyai visi untuk mendorong guru madrasah yang selama ini memiliki antusiasme tinggi dalam memenuhi kualifikasi pendidikannya," kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain, dikutip dari laman Kemenag RI, Senin, 3 April 2023.

Menurut Zain, hal itu selaras dengan komitmen GTK Madrasah untuk melahirkan guru-guru baru.

"Sebab berdasarkan data yang ada, baru ada sekitar 28.000 guru madrasah yang S2, di Indonesia," ujarnya.

Terkait Program PPG Prajabatan, pihaknya bakal berkoodinasi dengan UIN untuk melakukan penyesuaian bersama UIN maupun IAIN dan sudah disiapkan skema untuk selanjutnya dilakukan penyesuaian.

BACA JUGA:Buron 7 Tahun, Bandit Curas Diamankan

Oleh sebab itu, bila juknis pendaftaran telah diumumkan nanti, dirinya berharap kesempatan itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para guru madrasah.

"Dan yang terpenting, hal yang bisa mengubah dunia pendidikan secara mendasar adalah guru yang terus meningkatkan kompetensinya. Salah satunya menyelesaikan pendidikan lanjutan melalui program beasiswa seperti ini,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: