Hari Ini, Bayi Kembar Siam yang Berhasil Dipisahkan Melalui Operasi di RSUDAM Dipulangkan

Hari Ini, Bayi Kembar Siam yang Berhasil Dipisahkan Melalui Operasi di RSUDAM Dipulangkan

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dua bayi kembar yang semula mengalami dempet di bagian dada hingga perut dan telah berhasil di lakukan operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), Aliyah dan Afifah berhasil dipulangkan pada Kamis, 13 April 2023.

Pelepasan kepulangan dua bayi yang merupakan anak dari Mutiani (33) dan Muslim (33) asal Desa Karang Sari, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara itu langsung dihadiri Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dan jajaran di RSUDAM.

Gubernur menyampaikan apresiasinya pada tim doktter RSUDAM dan RS dr. Soetomo Surabaya usai keberhasilan melakukan operasi pemisahan kembar siam pertama di RSUDAM.

"Alhamdulillah operasi ini telah berhasil dan kedua anak bisa selamat dan sehat. Ini merupakan perjuangan pemerintah untuk menyelamatkan anak-anak, tolong dijaga tumbuh kembang kedua anaknya ya pak, bu," kata Arinal.

BACA JUGA:THR Lebaran 2023 Ditahan? Lapor lewat Posko Konsultasi Kemnaker

Arinal juga meminta pemeriksaan lanjutan pada Aliyah dan Afifah terus dilakukan. Dia mengimbau Pemerintah kabupaten Lampung Utara untuk turut membantu orang tua bayi melakukan kontrol kesehatan bayi.

"Karena ini harus tetap di pantau. Kemudian daerah juga harus tanggap dan garus menggencarkan sosialisasi terkait bayi kembar siam ini," katanya.

Arinal menambahkan saat ini RSUDAM terus melakukan pembenahan, tidak hanya membenahi kebutuhan-kebutuhan pelayanan infrastruktur, tetapi di dalam pelaksanaannya pun sudah menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum merupakan rumah sakit yang berkelas.

Di tambahkan Direktur RSUDAM, Lukman Pura pasien kembar ini memang sudah dilakukan pengawasan sejak satu tahun terakhir oleh pihak RSUDAM. Dengan keberhasilan ini, memungkinkan RSUDAM untuk melakukan tindakan serupa meskipun harus dilihat kerumitannya.

BACA JUGA:Lampung Trending Topic di Twitter Indonesia, Ada Apa?

"Ini akan jadi pengalaman kita kedepan, sehingga kita bisa siap untuk melakukan tindakan serupa," kata Lukman.

Diketahui sebelumnya, operasi pemisahan bayi kembar siam berusia 13 bulan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) yang dilakukan pada Rabu, 15 Maret 2023 telah berhasil selesai pada lima jam operasi.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Operasi Pemisahan Bayi Kembar RSUDAM, dr. Billy Rosan, Sp. BA mengatakan operasi pemisahan Afifah dan Aliah yang mengalami dempet pada perut bagian bawah itu telah berhasil.

Operasi sendiri dimulai dengan melakukan anastesi pada pukul 07.00 WIB. dr. Billy mengatakan operasi ini memakan waktu cukup lama untuk proses anastesi. Di mana operasi baru bisa dimulai pukul 11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: