Mendag Zulhas Pantau Pasar Kopindo, Ada Beberapa Komoditi Turun

Mendag Zulhas Pantau Pasar Kopindo, Ada Beberapa Komoditi Turun

Mendag Zulhas melakukan pematauan di Pasa Ex Kopindo. Foto Ruri--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan memantau ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok di Kota METRO.

Zulkifli memantau ketersediaan dan bahan pokok di Pasar Ex Kopindo Kota Metro, Kamis 13 April 2023. Barang kebutuhan pokok yang dicek antara lain telur ayam, daging sapi, MINYAKITA, dan bawang.

Zulkifli menuturkan, harga barang kebutuhan pokok menjelang Lebaran dinilai semakin stabil dan cenderung turun. Khususnya di Kota Metro. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir akan stok dan harga barang kebutuhan pokok.

“Masyarakat diharapkan belanja bapok secukupnya. Tidak perlu takut, tidak perlu khawatir, tidak perlu menyerbu pasar. Karena pasokannya banyak,” kata dia usai meninjau Pasar Ex Kopindo di Kota Metro.

BACA JUGA:Gubernur Lampung Lepas Bantuan Pangan Beras Pemerintah di Pringsewu

Zulhas mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya pemerintah daerah yang telah berhasil menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok di momen Ramadan dan menjelang Lebaran.

Ia pun berharap, sinergi dan kolaborasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok dapat terus dipertahankan.

“Tidak hanya di Kota Metro, daerah lain juga stok bapok banyak. Terima kasih kepada Wali Kota Metro dan kepala daerah lain yang juga berhasil membuat harga bapok semakin turun menjelang lebaran. 

Menurutnya, ini baru pertama kali menjelang lebaran, bahwa harga barang kebutuhan pokok mengalami deflasi.

BACA JUGA:DPO Sejak 2016, Terduga Teroris yang Ditembak Mati di Lampung Miliki Peran Penting Dalam Kelompok JI

“Jadi, biasanya kalau dekat lebaran seperti tahun lalu itu harga pasti naik. Tapi ini dekat Lebaran turun,” imbuhnya.

Dari pantauan di Pasar Ex Kopindo, beberapa komoditas turun harga dibandingkan seminggu sebelumnya. Antara lain, bawang putih kating Rp32.000 per kg, cabai rawit merah Rp25.000/kg, beras Bulog Rp9.450/kg, beras medium Rp11.500/kg, beras premium Rp13.000/kg.

Telur ayam ras yang tercatat yang menjadi Rp28.000/kg,bcabai merah besar Rp25.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg, dan cabai merah keriting Rp30.000/kg.

Kemudian, gula pasir Rp13.500/kg, tepung terigu Rp13.000/kg, minyak goreng premium Rp21.000/liter, MINYAKITA Rp14.000/liter, minyak goreng curah Rp13.950/liter, daging sapi Rp130.000/kg, dan daging ayam ras Rp32.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: