Ramadhan di Negeri Kangguru

Ramadhan di Negeri Kangguru

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ramadhan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi kali ini sangat berbeda dengan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya bagi salah satu Dosen Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) dikarenakan dijalani di Queensland, Australia.

Sejak dinyatakan lolos Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) pada program Doktor di Griffith University, Lulud Oktaviani Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Indonesia, menetap di Kota Brisbane, negara bagian Queensland, Australia hingga tahun 2027. 

Tahun ini adalah tahun pertama melaksanakan Ramadhan di Australia.

Hari pertama Ramadhan di Australia kebanyakan di awali pada Jumat, 25 Maret 2023 walaupun ada beberapa yang mulai puasa pada hari Kamis, 24 Maret 2023. 

Waktu puasa di kota Brisbane hampir sama dengan di Indonesia yaitu adzan subuh jam 04.47 dan adzan magrib jam 17.30. Dengan total waktu puasa kurang lebih 12 jam. Hal ini dikarenakan Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada musim gugur. 

"Puasa pada saat siang hari tidak begitu terasa dikarenakan hawa menjelang musim dingin sudah sangat terasa sehingga matahari tidak begitu menyengat pada siang hari. Namun demikian, waktu di kota Brisbane lebih cepat 3 jam di bandingkan waktu di Lampung," kata Lulud.

Selama Ramadhan di Australia, untuk menu dan sahur lebih banyak memasak sendiri dirumah karena harus memperhatikan olahan makanan halal.

Bahan-bahan makanan halal dapat dibeli di Coles, Yuen, Aldi, dan supermarket lainnya yang menjual bahan makanan Halal dan bumbu-bumbu khas Asia.

“Untuk yang tidak bisa lepas dari nasi, di Brisbane juga terdapat berbagai macam jenis beras” ujarnya.

Selanjutnya, baik di kampus Griffith University maupun di komunitas muslim sering mengadakan buka Bersama sehingga lumayan terobati dengan berbagai makanan khas Indonesia seperti bakso, mie ayam, ayam bakar, rawon, soto, dan tentunya gorengan serta es buah. 

Sebelum Ramadhan kali ini berakhir, University of Queensland Indonesian Student Association (UQISA) berkolaborasi dengan Indonesian Islamic Society of Brisbane (IISB) mengadakan buka Bersama yang dihadiri oleh semua mahasiswa mahasiswi dari berbagai kampus diantaranya Griffith University (GU), Queensland University of Technology (QUT), dan tentunya University of Queensland (UQ) serta kampus-kampus lain di Queensland. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 April 2023 mulai jam 17.00 hingga selesai di ModWest Building (11A), UQ.

Rangkaian acaranya dimulai dengan buka Bersama dengan air putih dan jajanan khas Indonesia, kemudian sholat magrib berjamaah, lalu makan Bersama, hingga sholar isya, ceramah, dan sholat tarawih.

Selain untuk mengakomodasi kegiatan Ramadhan, buka bersama ini juga untuk menguatkan mahasiswa Indonesia Muslim di Queensland.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: