Kemenag Gelar Sidang Itsbat Hari ini, Cek Jam dan Jadwal Live Streaming Di Sini

Kemenag Gelar Sidang Itsbat Hari ini, Cek Jam dan Jadwal Live Streaming Di Sini

Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat sebagai penentuan kapan ketetapan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Kamis 20 April 2023. FOTO DOKUMEN KEMENAG--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat sebagai penentuan kapan ketetapan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Kamis 20 April 2023.

Dilansir dari situs Kemenag.go.id, sidang itsbat akan berlangsung tertutup di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.

Pada agenda yang berlangsung tertutup, sidang Isbat akan diikuti dan dihadiri langsung oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI dan duta besar negara sahabat.

Lalu, turut hadir juga perwakilan Ormas Islam dan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

BACA JUGA: Tiga Jam Berlayar, KM Dobonsolo Pengangkut Pemudik Sepeda Motor Tiba di Pelabuhan Panjang

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menyampaikan, sama seperti tahun sebelumnya, untuk menentukan awal sidang Itsbat akan selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan.

Tahun ini untuk menentukan 1 Syawal 1444 Hijriah akan dilakukan sidang itsbat pada 20 April 2023.

Sidang itsbat hari ini akan diawali dengan seminar pemaparan posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Berdasarkan data hisab, pada hari Kamis, 20 April 2023 atau 29 Ramadan 1444 Hijriah posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk.

BACA JUGA: Kabar Duka, Moonbin ASTRO Ditemukan Meninggal Dunia di Kediamanya

Dengan ketinggian antara 0° 45' (0 derajat 45 menit) sampai 2° 21,6' (2 derajat 21,6 menit) dengan sudut elongasi antara 1° 28,2' (1 derajat 28,2 menit) sampai dengan 3° 5,4' (3 derajat 5,4 menit).

Lebih lanjut, Kemenag juga akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi di seluruh Indonesia

Sejuh ini Kemenag akan menurunkan ke 123 titik lokasi untuk memantau hilal pada hari itu untuk mengetahui apakah terlihat atau tidak.

Adapun hasil hisab dan rukyatul hilal akan dibahas dalam sidang isbat untuk ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: