Kecelakaan Lalu Lintas Adalah Musibah, Tapi Bisa Diantisipasi, Begini Caranya

Kecelakaan Lalu Lintas Adalah Musibah, Tapi Bisa Diantisipasi, Begini Caranya

Personel Sat Binmas Polres Tulang Bawang memberikan edukasi dan imbauan kepada warga di Rest Area.-Humas Polres Tulang Bawang-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) menjadi momok menakutkan bagi para pemudik saat Hari Raya Idul Fitri.

Kecelakaan adalah musibah dan menjadi takdir yang telah Allah SWT tetapkan. Meski begitu kecelakaan bisa diantisipasi dan diminimalisir dampaknya.

Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Tulang Bawang Iptu Harun menjelaskan, pada musim mudik lebaran hingga arus balik, pihaknya selalu memberikan edukasi dan imbauan kepada warga agar dapat mengantisipasi serta meminimalisir dampak dari kecelakaan.

Pada Operasi Ketupat Krakatau Tahun 2023, personel Sat Binmas Polres Tulang Bawang rutin memberikan edukasi dan imbauan kepada para pemudik di Rest Area Km 208 A, Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka).

BACA JUGA:Pembiayaan Tumbuh Lebih Dari 20 Persen, Kinerja Keuangan BSI Semakin Solid

Beberapa hal yang diingatkan kepada para pengendara agar terhindar dari kecelakaan adalah dengan tetap disiplin dalam berlalu lintas. 

Selain itu, lanjutnya, mematuhi rambu-rambu yang tertera di sepanjang jalan tol juga penting. Jika mengantuk dalam perjalanan para pemudik agar segera beristirahat di rest area yang telah tersedia.

"Kecelakaan yang terjadi di jalan tol, rata-rata disebabkan oleh pengendara yang memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan. Ada juga disebabkan karena pengendara yang mengantuk tapi tetap memaksakan diri mengendarai kendaraan," ungkap Iptu Harun, Jumat 28 April 2023.

Perwira dengan balok kuning dua dipundaknya itu mengungkapkan, saat beristirahat di rest area pemudik juga harus tetap waspada dan berhati-hati dalam menjaga barang-barang bawaan. 

BACA JUGA:Tempuh Pendidikan Doktor, Dosen UTI Satu Ini Rayakan Idul Fitri Berbeda di Australia, Yuk Simak Keseruannya

Dijelaskannya, jika mengalami tindak pidana pemudik diminta untuk segera melapor ke petugas Polri yang sedang bertugas di Pos Pengamanan (Pam).

"Terjadinya tindak pidana kejahatan karena adanya kesempatan, untuk itu kami mengimbau agar warga tidak membawa barang-barang mewah, serta perhiasan yang berlebihan pada arus balik Lebaran 2023," tutupnya. 

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 185 personel gabungan akan mengamankan jalannya mudik dan arus balik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 di Tulang Bawang.

185 personel gabungan tersebut terdiri dari: 158 personel Polri, 6 personel TNI, 6 personel Dinas Perhubungan (Dishub), 6 personel Dinas Kesehatan (Dinkes) dan 6 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: