Bantuan PKH Dicairkan Secara Bertahap, Cek Kartu KKS ATM Merah Putih di Dua Bank dengan Nasabah Terbanyak Ini

Bantuan PKH Dicairkan Secara Bertahap, Cek Kartu KKS ATM Merah Putih di Dua Bank dengan Nasabah Terbanyak Ini

Ilustrasi Bank yang penerima Bansos PKH tahun 2023. Foto Ilustrasi Pixabay--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Sosial (Kemensos) mulai mencairkan secara bertahap terkait Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap II pada awal Mei 2023 ini.

Anda sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat  mengecek Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ATM Merah Putih di dua Bank dengan nasabah terbanyak penyalur bantuan PKH ini yakni Bank BRI dan Bank BNI. Hal ini terungkap dari kanal Youtube Diary Bansos.

Dalam Kanal Youtube tersebut, juga menyampaikan Update Bantuan PKH mulai dicairkan pada awal Mei 2023 ini. Sehingga masyarakat dapat mengecek secara berkala  24 jam di dua Bank dengan Nasabah terbanyak tersebut karena saldo sudah mulai masuk secara bertahap.

Dimana, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH hanya bisa diberikan bantuan maksimal hanya untuk empat orang anggota keluarga saja dengan nominal pencairan beragam mulai Rp.250 ribu hingga Rp.3 jutaan tergantung komponen yang dimiliki sesuai dengan aturan Kemensos.

BACA JUGA:KPM Punya Balita atau Anak Berpotensi Stunting Berhak dapat Bansos Pangan dari Pemerintah di Bulan Mei

Dimana semua KPM PKH berbasis data DTKS yang dikelola oleh Pusdatin kesos (Pusat data dan Informasi Kesejahteraan Sosial) yang sinkron  dengan Dukcapil (kependudukan) atau juga sinkron dengan data Dapodik atau emis yang ada di Kementerian Pendidikan atau Kementerian agama. 

Sehingga, Penerimaan manfaat bantuan PKH  tersebut menyesuaikan dengan dengan data valid, aktif dalam DTKS. 

Apabila ada KPM memiliki anak sekolah namun tidak termasuk penerima Bantuan PKH. Hal ini mungkin bisa terjadi apabila Data pada Dapodik tidak sinkron dengan data pada DTKS.

Atau juga, Ada KPM memiliki anak Balita tak termasuk perhitungan penerima manfaat bantuan PKH  mungkin si balita tersebut ada sesuatu hal menyebabkan belum sinkron dengan data DTKS. 

BACA JUGA:5 Daftar Bansos Yang Akan Cair Pada Bulan Mei 2023, Ibu Hamil Bisa Ikut Dapat

Bahkan, KPM yang nominal lebih dari pencairannya misalnya lansia Rp.600 ribu namun ada lansia mendapatkan Rp.1.2 juta ini sinkron dicek dengan DTKS apakah ada dua lansia yang menerima. Kalau  melihat bantuan PKH diterima sepertinya itu untuk dua orang lansia yang berhak menerima bantuan tersebut.

Pada 2023 ini, ada lima tempat penyaluran bantuan PKH  yakni BRI, BNI, Mandiri dan BSI dan PT.Pos Indonesia. Namun, dua Bank dengan nasabah terbanyak penyalur bantuan PKH ini yakni Bank BRI dan Bank BNI.

Khusus untuk BRI , paling banyak nasabah dari luar Jawa seperti NTB , Sulawesi, Sumatera ,Kalimantan, sebagian kecil di daerah Jawa Tengah.

Sementara untuk Bank BNI,  paling banyak nasabah dari Pulau Jawa mulai dari DKI Jakarta , Jawa Barat, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: