Lampung Sukses Geser Sumsel Soal Tingkat Kemiskinan di Sumatera, Ini Data BPS Terbaru

Lampung Sukses Geser Sumsel Soal Tingkat Kemiskinan di Sumatera, Ini  Data BPS Terbaru

Provinsi Lampung menggeser posisi Sumatera Selatan dalam tingkat kemiskinan di Sumatera berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru,--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Provinsi Lampung sukses menggeser posisi Sumatera Selatan dalam tingkat kemiskinan di Sumatera. Data Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru, Lampung saat ini berada pada posisi keempat memiliki jumlah penduduk miskin terbanyak di Sumatera.  

Sementara Sumatera Selatan menurut data BPS terbaru,  tergeser pada peringkat ketiga. Sebelumnya, Sumatera Selatan berada pada posisi keempat.

Menurut data BPS terakhir, September 2022, jumlah penduduk miskin di Provinsi Lampung sebesar 11,44 persen atau sebanyak 995.590 jiwa. Sedangkan Sumatera Selatan sebesar 11,95 persen atau sebanyak 1.054.990 jiwa. 

Keberhasilan Provinsi Lampung menggeser Provinsi Sumatera Selatan dalam menekan tingkat kemiskinan ini patut mendapat apresiasi. Soalnya dalam banyak hal, Sumatera Selatan mengungguli Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Pelaku Penembakan di Kantor MUI Pusat Berasal dari Lampung, Ternyata Mengaku Nabi

Melihat data BPS terbaru ini maka tidak benar berita berita viral yang menyebutkan bahwa Lampung adalah provinsi termiskin di Sumatera. Sebab, faktanya Lampung sudah berada pada posisi keempat. Bahkan, berhasil menggeser Sumatera Selatan.

Menurut data BPS terbaru, secara prosentase provinsi termikin di Sumatera adalah Aceh, lalu Bengkulu, Sumsel dan kemudian Provinsi Lampung.

Provinsi Aceh memiliki tingkat kemiskinan sebanyak 14,75 persen. Lalu Bengkulu 14,34 persen. Sumsel 11,95 persen. Dan, Provinsi Lampung 11,44 persen.

Keberhasilan Provinsi Lampung menekan tingkat kemiskinan ini hingga berhasil menggeser Sumatera Selatan, patut diapresiasi. Sebab, dalam banyak hal Provinsi Sumatera Selatan unggul dari Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Antisipasi El Nino di Lampung, Ini Daerah yang Masuk Rawan Kekeringan

Misalnya dari jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). APBD Sumsel Tahun 2022 sebesar Rp 10,1 triliun. Sedangkan APBD Provinsi Lampung Tahun 2022 jauh di bawah Sumsel, yakni hanya Rp 6,75 triliun.

Demikian juga soal PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto), Sumsel jauh lebih besar dari Provinsi Lampung. 

Data BPS terbaru, PDRB Sumsel Tahun 2022 atas dasar harga berlaku sebesar Rp 591,6 triliun. Sedangkan Provinsi Lampung jauh di bawah itu.

Juga soal pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Selatan Tahun 2022 di atas Provinsi Lampung. Tahun 2022, pertumbuham ekonomi Sumatera Selatan tumbuh 5,23 persen. Sedangkan, pertumbuhan ekonomi Lampung tahun 2022 sebesar 4,28 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: