Bacaleg PAN Dites Kejiwaan

Bacaleg PAN Dites Kejiwaan

Bacaleg PAN dari berbagai wilayah di Provinsi Lampung saat melakukan tes kelengkapan berkas pendaftaran. -FOTO AGUNG BUDIARTO/RADARLAMPUNG.CO.ID-

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bacaleg PAN di beberapa wilayah di Lampung jalani tes kejiwaan. 

Tes kejiwaan kepada Bacaleg PAN ini dilakukan di kediaman Ketua DPW PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra, pada Kamis 4 Mei 2023. 

Ketua DPW PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra menjelaskan, bacaleg PAN jalani tes kejiwaan merupakan rangkaian mencukupi persyaratan pendaftaran di KPU. 

Di mana, ada beberapa berkas yang harus dilengkapi yakni hasil tes kejiwaan, tes kesehatan pun surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). 

BACA JUGA:Hari Pertama Dibuka, Pendaftar Bacaleg di Mesuji Masih Belum Ada Peminat

"Pencalegan ini kan harus memenuhi berkas. Kita lakukan kolektif dengan harapan bisa selesai lebih cepat. Kita himpun hari ini ada 150 an," ujarnya. 

Ketua DPW PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra melanjutkan, yang dites hari ini ada bacaleg dari beberapa daerah diantaranya dari Kota Bandar Lampung, Tanggamus dan dari DPR RI. Sebagain dari Tulangbawang. 

"Ya kalau ada daerah yang memang sanggup melaksanakan sendiri, monggo kami persilakan. Kolektif ini kan biar cepat, kita hadirkan petugasnya di sini. Jangan nanti, ada 10 orang misalnya, yang enam selesai yang empat belum," katanya.

BACA JUGA:Bacaleg Perempuan Diminta Tanggalkan Warna Partai  

Dijelaskan dia, beberapa tes yang dialkukan bacaleg adalah kejiwaan, kesehatan dan jamani. "Kalau SKCK kan sudah jalan di kepolisian," katanya. 

"Nanti hasilnya kan keluar rekomendasi, satu itu sehat, kedua tidak sehat. Kalau tidak sehat ya bagaimana mau terus. Nah, yang kejiwaan ini misalnya labil atau gila, kan nggak bisa," ujarnya. 

Irham mengatakan, pihaknya menargetkan pemberkasan ini selesai dengan secepat-cepatnya, sebab mengejar penyerahan berkasnya pada tanggal 12 Mei 2023. 

BACA JUGA:Bacaleg Golkar Ditarget Rekrut 20 Ribu Infanteri Desa

"Ketentuan KPU kan sampai tanggal 14, intinya kita dibwah itu. Kita 12 pas, tembak langsung. Caleg sudah full, kabupaten/kota, provinsi plus RI," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: