Cara Sukses Ternak Ayam Kampung yang Baik dan Benar

Cara Sukses Ternak Ayam Kampung yang Baik dan Benar

Salah satu peternak ayam. Foto Ardian Mukti--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Berternak ayam kampung, tidak hanya sekedar memelihara saja, namun ada teknik dan caranya agar berternak itu sukses dan menghasilkan.

Ayam kampung adalah jenis ayam yang banyak diminati, baik daging ataupun telurnya. disebut sebagai ayam kampung, karena hidup di wilayah perkampungan atau pedesaan.

Selain itu, pemberiaan pakan ayam ini juga terbilang masih sangat alami dan jauh dari bahan kimia. Sebagaimana yang banyak digunakan pada ayam petelur dan ayam boiler.

Biasanya, Masyarakat melakukan budidaya ayam kampung dengan cara yang masih tradisional di perkampungan pada umumnya para peternak membuat kandang sekedarnya, memberi pakan seadanya hingga membiarkan ayam berkeliaran bebas.

BACA JUGA:La Nina Fenomena Pengganti El Nino Bisa Menghantam Wilayah Indonesia

Jika kalian yang mau memulai beternak ayam kampung, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Dihimpun dari berbagai sumber dan juga dari salah satu peternak ayam kampung di Kabupaten Lampung Timur Afendi, ada beberapa cara berternak ayam kampung.

1. Memilih bibit ayam Kampung haruslah sangat teliti, baik jantan maupun betina agar menghasilkan keturunan yang unggul, bentuk tubuh baik yang utuh dan sehat agar terhindar dari serangan penyakit saat kamu melakukan budidaya ternak ayam kampung tersebut.

Cara ini bisa Anda lakukan supaya dapat memperoleh bibit ayam kuat sehingga tak mudah terserang penyakit dan bertahan hidup lama.

BACA JUGA:Buat Laki-laki, Coba Jahe Merah untuk Menambah Stamina

2. Selain  memilih bibit ayam kampung yang utuh dan sehat pada tahap awal adalah mempersiapkan kandang bagi ayam kampung tersebut. 

Karena kandang merupakan tempat dimana nanti ayam kampung dapat diternak.

Ada baiknya kandang disiapkan didekat rumah agar muda dilakukan pemantauan dan pengawasan.

Selain di kandang bisa juga membiarkan ayam berkeliaran bebas di pekarangan rumah tanpa perlu repot-repot dimasukkan ke kandang ayam juga bisa diterapkan. Namun perlu menyediakan kandang sebagai tempat perkembangbiakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: