Ini Nama 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijamin Masuk Surga

Ini Nama 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijamin Masuk Surga

Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga. ILUSTRASI/PIXABAY--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sejak zaman kepemimpinan dan menyebarkan dakwah ajaran agama Islam, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam te lah dikelilingi oleh para sahabat.

Para sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW berkumpul dan mengimaninya sebagai rasul utusan Allah SWT.

Jumlah para sahabat Nabi Muhammad SAW itu diperkirakan ratusan ribu dan tidak kurang dari 100.000 orang.

Mereka berjuang bersama-sama dalam memerangi kedzaliman pada masa itu. Hingga Islam akhirnya menyebar ke seluruh negeri.

BACA JUGA: Nauzubillah! Ternyata Ini Golongan yang Akan Ikut Dajjal Menebar Fitnah di Akhir Zaman

Dilansir Radarlampung.co.id dari laman islam.nu.or.id pada Rabu, 17 Mei 2023, dari ratusan ribu yang tergolong sebagai sahabat Nabi Muhammad SAW, hanya ada 10 orang sahabat yang dijamin masuk surga.

Meski yang dijamin masuk surga hanya 10 orang sahabat saja, tapi hal itu tak menutup kemungkinan dari ratusan ribu orang sahabat Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam yang lainnya juga bisa masuk surga.

Adapun nama-nama para sahabat yang dijamin masuk surga itu disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam melalui perantara sahabat Sa’id bin Zaid dalam sebuah hadist.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Sa’id bin Zaid bin Amr bin Nufail. Bahwasannya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

BACA JUGA:Hukum Memakai Cincin Perak Bagi Laki-Laki

“Ada sepuluh orang dari kaum Quraisy yang akan berada di surga. Aku di surga, Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, az-Zubair, Thallah, Abdurrahman bin Auf, Sa’d bin Abi Waqash, dan Sa’id,”.

Dalam hadist tersebut, hanya ada sembilan orang sahabat Nabi Muhammad SAW yang disebutkan dijamin masuk surga dan yang kesepuluhnya adalah rasul sendiri.

Sementara dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad bin Hanbal, sahabat yang kesepuluh adalah Ubaidah bin Jarrah.

Nama lengkap sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: