Begini Cara Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Gadget, Orang Tua Harus Tahu

Begini Cara Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Gadget, Orang Tua Harus Tahu

Sejumlah ahli neurologi menyarankan seseorang agar tak terlalu lama menatap layar gadget. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Di era digital seperti saat ini Banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak melalui gadget. Seperti Belajar bagaimana cara bernyanyi dan menari hingga cara membuat macam-macam gambar.

Selain untuk belajar anak Gadget juga bisa menjadi sarana hiburan sebab didalamnya ada beragam permainan yang bisa dimainkan.

Namun jika terlalu sering bermain gadget tanpa adanya pengawasan dari orang tua anak akan kecanduan bermain gadget tersebut.

Dilansir dari berbagai macam sumber berikut beberapa cara mengatasi anak yang kecanduan dalam bermain gadget.

BACA JUGA:11 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

- Cara pertama yang wajib kamu tahu yakni memberikan jadwal waktu yang tepat untuk anak bermain gadget. Sebab sebagai orang tua harus memberikan alternatif lainya kepada anak agar sang anak tidak bosen sehingga tidak hanya beralih main Gadget lagi.

- Langkah yang kedua yakni memberi Batas waktu dan serta wajib di awasi penggunaan gadget pada anak sebab untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, waktu mengakses gadget harus dibatasi. 

Kita bisa memberi waktu 1–2 jam dalam sehari untuk anak menggunakan gadget. Selain itu, awasi juga anak saat bermain gadget, supaya ia tidak mengakses dan membuka konten konten yang dilarang seperti kekerasan dan pornografi.

- Selain itu juga sebagai orang tua kita harus menetapkan wilayah bebas gadget di rumah

BACA JUGA:Dilepas 29 Mei, 385 Calon Jemaah Haji Tanggamus Bergabung Dengan Kloter 19

Kamu juga bisa menetapkan tempat bebas gadget di dalam rumah, seperti tempat, ruang keluarga, atau kamar tidur. Artinya, ketika sedang berada di dalam ruangan ini, siapa pun tidak boleh menggunakan gadget. Jadi di ruangan ruangan tersebut kamu tidak pernah menggunakan gadget bersama anak.

- Membuat aktivitas menyenangkan bersama anak. Buatlah aktivitas menyenangkan agar pikiran anak teralihkan dari gadget. Kita bisa mengajak anak untuk bersepeda atau lari pagi, memasak bersama, menggambar atau mewarnai bersama, atau berkebun di pekarangan rumah.

- Kemudian langkah yang kelima yang orang tua harus tahu yaitu dengan Memberi tahu kepada sang anak betapa bahayanya menggunakan gadget terlalu lama.

Orang tua bisa memberi tahu kepada anak betapa jika bermain gadget akan  sakit mata jika anak lebih sering duduk bermain gadget dan jarang bermain ke luar rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: